D-ONENEWS.COM

Lepas Jabatan, Gus Ipul Pilih Jadi Petani Tomat

Surabaya, (DOC) – Purna tugas menjadi wakil gubernur Provinsi Jawa Timur dua periode, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul berencana akan belajar menekuni pekerjaan sebagai petani. Gus Ipul mengaku sudah mempersiapkan diri dan sebidang lahan di Pasuruan, Jawa Timur.

Pasca resmi mengakhiri jabatan, Gus Ipul mengaku bersyukur. Dia berharap hasil kinerja dirinya selama pemerintahan dua periode membawa banyak manfaat bagi masyarakat Jawa Timur.

“Saya bersyukur mengakhiri jabatan dalam tanda kurung khusnul khotimah. Kami harapkan ada manfaatnya bagi Jatim,” ujarnya.

Setelah melepas jabatan wagub, Gus Ipul menyatakan siap mengabdi bila kelak menerima tawaran jabatan yang cocok baginya.

“Sebagai politisi, Selanjutnya saya siap mengabdi di mana saja. Saya dulu pernah jadi menteri, sekjen partai, wakil komisaris BRI. Kalau ada kesempatan kita siap mengabdi,” ungkap Gus Ipul, Selasa (12/2).

Namun, bila sepi tawaran, Dia akan tetap aktif mengisi kegiatan dengan membawa hal yang bermanfaat bagi masyarakat. Salah satu contohnya membuat yayasan sosial.  “Agar lebih bermanfaat mengajak masyarakat. Seperti Istri saya mendirikan foundation untuk kanker,” imbuhnya.

Selebihnya, Gus Ipul juga akan mengisi waktu untuk bertani. Bagi Gus Ipul, pertanian merupakan ranah yang menjanjikan di masa mendatang. Meski banyak generasi muda yang ingin jadi petani, Gus Ipul ingin menjadi salah satu pelopor.

“Saya sendiri terus belajar jadi petani karena dunia pertanian kita menjadi satu andalan di masa akan datang. Siapa yang menguasai pangan akan jadi pemenang,” ujarnya.

Gus Ipul ingin mengajak kembali generasi muda yang justru meninggalkan profesi bertani di sejumlah daerah. “Petani kita makin lama makin hilang, yang muda-muda beralih, tinggal yang tua-tua. Kita ingin yang muda ini bertani. Kalau gak punya lahan, gunakan lahan yang seadanya,” ujar Gus Ipul.

Secara khusus, Gus Ipul ingin menanam komoditas tomat ceri, yang notabene masih banyak mengimpor. “Kami mulai belajar dan hitung persiapan. Memang keuntungan sedikit tapi bisa mengurangi impor. Ada lahan di Pasuruan,” ujar Gus Ipul.

Ditanya soal jabatan politik, Gus Ipul memilih akan membiarkannya mengalir dan akan mempertimbangkan lebih lanjut. “Soal jabatan politik kita ikuti saja nanti ke depan. Banyak yang ngajak, kita lihat mana nanti yg cocok dan pas. Tapi dua bulan ini saya ingin santai dulu di rumah,” tutup Gus Ipul. (Pbr)

Loading...

baca juga