D-ONENEWS.COM

Mensos Rayakan Lahirnya Pancasila Bersama Suku Asmat, Serahkan 1000 Bibit Babi

Asmat,(DOC) – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mendapat sambutan dari belasan warga Asmat yang melakukan tarian daerah.

Tepat di hari Lahirnya Pancasila 1 Juni 2023, Mensos Risma mengunjungi Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua Selatan, untuk menyerahkan sejumlah bantuan. Sekaligus meninjau program kerja Kementerian Sosial (Kemensos) yang telah berjalan dan di berikan kepada masyarakat suku Asmat beberapa waktu lalu.

Dengan memakai speed boat dari bandara Ewer menuju pelabuhan Agats, Mensos langsung turun dan melakukan peninjauan di lokasi pertama dengan motor listrik “Gesit” buatan Institute Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Lokasi pertama yang di tinjau Mensos bersama rombongan yakni peternakan ayam petelur di wilayah distrik Asgats. Peninjauan hanya berlangsung beberapa menit dan Mensos geser ke Keuskupan Agats.

Pada kesempatan inilah, Mensos Risma di sambut oleh belasan warga Agats dengan tarian suku Asmat.

Dalam moment tersebut, mantan Wali Kota Surabaya dua periode ini terlihat akrab dengan para suster di ke Uskupan Agats. Bahkan saat di aula pusat Keuskupan, Mensos mencari para suster dan memanggil-manggilnya. Ketika bertemu, Mensos Risma langsung menanyakan keberadaan bunga anggrek.

“Mana anggreknya sus?. Biasanya kan ada,” ujar Mensos Risma sambil melihat kebun belakang, Kamis(1/6/2023).

Kala itu Mensos berdialog dengan suster Ema yang mengatakan, setiap kali Bu Risma mengunjungi ke Uskupan Agats, selalu menyempatkan diri untuk melihat bunga anggrek. Namun sayangnya untuk kunjungannya kali ini, bunga anggrek ke Uskupan belum berkembang dan mekar.

“Biasanya ada. Cuma hari ini tidak ada yang mekar,” jelas Suster Ema.

Pada kunjungan sebelumnya, kata Ema, Mensos juga pernah membawa pulang tiga bunga anggrek asal Agats. “Sebelumnya Bu Risma bawa pulang tiga anggrek. Tapi katanya buat di berikan ke Ibu Mega (Megawati Soekarnoputri),” tandasnya.

Bukan cuma anggrek, Mensos Risma juga menagih janji Keuskupan Agats soal ikan asin makanan khas kota Agats. Sayangnya, ikan asinnya sudah di goreng dan di sajikan sebagai jamuan ke Mensos Risma dan rombongan Kemensos.

Hadir mendampingi kunjungan Mensos Risma yakni, Bupati Asmat Elisa Kambu yang menerima bantuan dari Kemensos RI berupa seribu ekor bibit babi, 27 kapal long boat, ribuan pasang pakaian dan seratus penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS).

Pada moment itu, Mensos Risma bersama Bupati Asmat dan Uskup Agats-Aloysius Murwito, membagikan telur Paskah kepada anak-anak suku Asmat di Balai Pendidikan Keuskupan.

Kemudian kunjungan Mensos Risma berlanjut ke peresmian galangan kapal dengan di bonceng oleh salah satu polisi wanita (Polwan) dari Polsek Agats, Papua Selatan.(robby/r7)

Loading...

baca juga