D-ONENEWS.COM

Mensos Risma Tinjau Daerah Kekeringan di Jombang dan Berikan Bantuan Air Bersih

Sidoarjo, (DOC) – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, yang akrab disapa Risma, tak kenal lelah dalam mengejar pelayanan masyarakat. Usai menghadiri peluncuran program “Pahlawan Ekonomi” di Sidoarjo, Mensos Risma tidak menyia-nyiakan waktu liburannya. Pada Minggu, 29 Oktober 2023, ia melakukan blusukan untuk meninjau daerah yang terkena dampak kekeringan di Dusun Tondowesi, Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang.

Kekeringan yang melanda Jombang telah mencapai tingkat parah, dengan sungai-sungai di sekitar wilayah tersebut mengalami kekeringan total. Dalam kondisi ini, warga hanya bisa mengandalkan satu sumber air tanah kecil yang masih tersedia di sungai yang kering.

Mensos Risma secara langsung memeriksa lokasi sumber air meski harus melewati medan terjal berbukit dan gersang selama sekitar 150 meter dari jalan raya. “Coba itu cek kualitas airnya,” perintah Mensos Risma kepada salah satu petugas. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa air tersebut memiliki kadar garam dan kapur yang cukup tinggi, yang berpotensi berbahaya jika dikonsumsi.

Menyikapi kondisi ini, Mensos Risma melalui Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan berupa air bersih dan air siap minum kepada warga, sambil juga mengupayakan pengeboran sumur air. “Sementara kita menyuplai air bersih dan air minum, sehingga bapak-bapak dan ibu-ibu dapat segera mengambil air untuk kebutuhan sehari-hari dan konsumsi. Kami juga berupaya untuk membuat sumur bor. Semoga kita segera berhasil, karena kami harus menggali hingga kedalaman 120 meter untuk menemukan sumber air,” ungkap Mensos Risma.

Namun, upaya Mensos Risma tidak hanya sebatas memberikan bantuan air bersih. Ia juga berusaha menggerakkan para pemuda di daerah ini untuk berwirausaha dan ikut memperbaiki kondisi ekonomi di kawasan yang terdampak. “Ayo yang muda-muda, jangan hanya diam saja, nanti saya akan mengajari Anda untuk berwirausaha. Banyak contoh pengusaha muda yang telah sukses dengan program ‘Pahlawan Ekonomi’. Yang penting adalah niat dan tekad untuk berusaha,” tegas Risma.

Menerima bantuan dan ajakan pemberdayaan ekonomi dari Mensos Risma, warga di daerah tersebut menyambutnya dengan gembira, sambil berharap bahwa tindakan ini akan membantu mereka melewati masa-masa sulit akibat kekeringan yang mereka alami.

Dengan kesungguhan dan dedikasinya dalam melayani masyarakat, Mensos Risma terus menjadi contoh teladan bagi pejabat publik dan menginspirasi orang-orang untuk bersatu dalam menghadapi tantangan-tantangan yang ada. (r6)

Loading...

baca juga