D-ONENEWS.COM

Menteri Airlangga Sebut Virus Corona Bikin Melemah Ekonomi Indonesia

Ist.

Jakarta (DOC) – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengakui bahwa virus Corona menjadi tantangan utama Indonesia di awal 2020. Adanya virus yang berasal dari China ini diperkirakan akan berdampak terhadap ekonomi Indonesia hingga 0,29 persen.

“Konsensus mengatakan virus Corona bisa memengaruhi perekonomian kita sebesar 0,1 persen hingga 0,29 persen,” ujarnya di Jakarta, Rabu (5/2).

Airlangga mengatakan pengaruh virus Corona cukup besar terhadap ekonomi Indonesia dikarenakan hubungan perdagangan dan pariwisata antara kedua negara cukup erat. Tak hanya itu, ekonomi China juga akan terkoreksi hingga mencapai 2 persen.

“Ekonomi China diprediksi turun 1-2 persen” ujarnya.

Sebelumnya, Airlangga memperkirakan sektor-sektor yang bakal terdampak virus Corona. Industri farmasi akan terdampak virus Corona. Mengingat beberapa komponen bahan baku masih berasal dari China.

Namun, dia memastikan bahwa industri manufaktur tidak terdampak besar. Sebab, bahan baku yang biasa digunakan Indonesia untuk industri otomotif bukan berasal dari negeri Tirai Bambu.

“Kalau ke manufaktur kaitannya bahan baku, tapi di Wuhan pusatnya otomotif. Tapi otomotif Indonesia basisnya bukan dari China jadi dampaknya relatif kecil,” kata dia.

Meski begitu, pemerintah akan terus memonitor perkembangan rantai pasok lainnya yang kemungkinan akan terdampak. Mengingat, beberapa industri di China tidak beroperasi sehingga mereka secara otomatis menghentikan produksinya

“Sekarang mereka relatif panjang liburnya sampai pertengahan Februari, kita masih monitor perkembangan berikutnya karena value chain akan terganggu dan mereka menyetop produksi sementara,” kata dia.(lp6)

Loading...

baca juga