D-ONENEWS.COM

Ojol Bisa Angkut Penumpang, Maksimal Berjarak 5 Kilometer

Jakarta (DOC) – Fitur penumpang ojek online (ojol) resmi dibuka kembali oleh aplikator pada Senin (8/6/2020).

Jika sebelumnya ojek online hanya boleh mengirim barang dan makanan, kini mereka sudah boleh menarik penumpang kembali dengan syarat harus mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan.

Meski demikian, ternyata fitur penumpang tersebut belum bisa digunakan sepenuhnya. Sebab, aplikator memberi batasan lokasi penjemputan dan pengataran penumpang.

Seperti yang dikatakan oleh salah satu driver Gojek di Jakarta, pria yang akrab disapa Salim ini mengatakan hanya bisa mengangkut penumpang dengan jarak tidak lebih dari lima kilometer.

“Untuk sementara memang masih dibatasi oleh aplikator, saya hanya bisa angkut penumpang jarak dekat saja. Kalau jarak jauh belum bisa,” kata Salim, seperti dilansir dari Kompas, Senin (8/6).

Saat pengguna aplikasi Gojek menentukan lokasi tujuan di luar dari jangkauan, maka aplikasi secara otomatis akan mengubah fitur ride (motor) menjadi car (mobil).

Selain itu, pengguna aplikasi juga tidak bisa memesan ojol dengan tujuan lokasi yang berada di zona merah, meski jarak penjemputan dan titik tujuan tidak lebih dari lima kilometer.

Namun, untuk pengguna aplikasi Grab, tidak ada batas lokasi penjemputan dan pengantaran.

“Sudah normal, kalau GrabBike boleh antar dan jemput penumpang ke mana saja, tidak ada batasan,” kata salah satu driver Grab, Sugeng, kepada Kompas.com.

Aturan ini memang sengaja dilakukan oleh pihak aplikator dengan harapan dapat meminimalisasi penyebaran virus corona atau Covid-19.(kc)

Loading...

baca juga