D-ONENEWS.COM

Ombudsman RI Beri Apresiasi Kinerja Kemensos, Capaian Naik

Jakarta,(DOC) – Ombudsman RI memberikan apresiasi berupa penghargaan atas predikat penilaian publik Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik 2023 kepada Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih menyerahkan sendiri penghargaan tersebut ke kantor Kemensos, Jalan Salemba Jakarta.

Menurut Mokhammad, apresiasi peningkatan kinerja Kemensos, dari nilai 73,18 yang masuk ke dalam opini Kualitas Sedang di tahun 2022, kini naik menjadi 78,71 atau masuk dalam zona hijau opini Kualitas Tinggi pada tahun 2023.

“Saya ingin mengapresiasi capaian kinerja teman-teman di Kementerian Sosial,” tutur Mokhammad, Selasa(16/1/2024).

Ombudsman RI merupakan Lembaga yang bertugas untuk menyelesaikan keluhan dari masyarakat jika terjadi maladministrasi. Selain menyelesaikan, Ombudsman juga bertugas untuk mencegah terjadinya maladministrasi. Di antara tugas pencegahan Ombudsman, yakni melakukan penilaian kepatuhan kepada standar pelayanan

Dalam penilaian kepatuhan ada tiga dimensi yang di nilai. Yaitu dimensi input yang berkaitan dengan kesiapan kompetensi SDM yang melayani dan ketersediaan sarana-prasarana yang di layani. Dimensi berikutnya adalah dimensi proses yang meliputi persyaratan atau informasi layanan. Ketiga adalah dimensi output, yaitu pandangan masyarakat terhadap pelayanan yang di berikan. Sedangkan dimensi terakhir adalah tata kelola pengaduan.

Lebih lanjut, Mokhammad mengungkapkan peningkatan kinerja ini merupakan bukti nyata bahwa Kemensos berupaya untuk menjadi instansi yang lebih baik.

Ia berpesan agar Kemensos tak hanya mempertahankan kinerja, tapi juga meningkatkan pelayanannya. “Peningkatan nilai Kementerian Sosial menunjukkan jika Kemensos berproses menuju yang lebih baik. Kami berharap capaian ini di pertahankan dan di tingkatkan. Harapan kami tahun mendatang bisa menjadi zona hijau dengan nilai A,” tandas Mokhammad.

Plt. Sekretaris Jenderal Robben Rico mengungkapkan rasa bangganya pada seluruh jajaran Kementerian Sosial yang telah berusaha keras untuk meningkatkan pelayanan.

Namun Robben berpesan bahwa Kemensos harus fokus pada pelayanan. Jika pelayanan meningkat, nilai pun juga pasti akan meningkat.

“Kita tidak boleh berpaku pada nilai. Nilai hanyalah angka. Kita harus fokus untuk meningkatkan pelayanan dan fokus menyelesaikan masalah-masalah yang timbul di masyarakat. Jika pelayanan sudah bagus, dengan begitu nilai otomatis akan ikut naik juga,” kata Robben.

Robben menambahkan, Kemensos telah melakukan banyak perbaikan guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Langkah-langkah yang telah di tempuh antara lain membuat aplikasi cekbansos yang bisa di akses lewat smartphone, Command Center (CC).

Layanan hotline Command Center (CC) itu bertugas 24 jam yang bisa di akses masyarakat dengan cara menghubungi nomor 171. Termasuk juga terhubung dengan layanan pengaduan lain seperti SP4N-Lapor! dan kanal aduan lain.(hm/r7)

Loading...

baca juga