D-ONENEWS.COM

Pamsimas Bangun Tandon Air di Aceh Besar

Aceh,(DOC) – Pelatihan pemantapan Operasional RKM Pamsimas di Gampong Lamreh Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh, selama 5 hari, berhasil membangun tendon air untuk mengaliri kebutuhan air bersih didaerah tersebut.

Pelatihan ini merupakan program FGD untuk menggali gagasan dari warga Gamong Lamreh Darussalam Aceh Besar yang difasilitasi oleh Kementrian Desa PDTT.

“Hasil-hasil dari FGD ini, bisa menjadi inspirasi bagi peserta untuk diterapkan di daerahnya masing-masing,” terang Darti, Ketua Panitia yang juga pejabat dari Kementerian Desa PDTT, Sabtu(6/10/2018).

Hadir juga Sekretaris Dinas PMD Provinsi Aceh, Teuku Rusdi, Kecamatan Darussalam, Zia Ul Azmi, dan Kepala Desa Gampong Lamreh, Helmi.

“Kami berterimakasih kepada Kementrian Desa PDTT. Warga Gampong Lamreh Aceh bisa melihat nyata kegiatan Pamsimas dan manfaatnya bagaimana,” kata Zia Ul Azmi Camat Darussalam.

Sementara itu, Kepala Gampong Lamreh, Helmi mengatakan, sangat menarik dan efektif, program Pamsimas mampu mengelola air secara maksimal untuk penggunaan air yang merata.

“Pengalaman saya dahulu, mengelola KP SPAM cukup lumayan memberikan sumbangsih kontribusi nyata dalam penyediaan air di Gampong Lamreh Aceh ini,” ucap Keuchik (dalam bahasa Aceh kepala desa) tersebut.

Kunjungan lapangan ini juga dianggap bermanfaat untuk memberikan sumbangsih kepada kebutuhan warga kedepan. Ilham Sekretaris Desa menyatakan akan mengajak warga untuk merawat tandon air ini.

“Sebagai bentuk tanggung jawab kepada warga, kami pemerintah desa akan menerapkan pembayaran iuran kepada pengelola tendon air,” katanya.(ar/r7)

Loading...