Pangkoarmada II Berangkatkan Kapal Rumah Sakit dan Pengangkut Material Ke Lombok

foto : Anggota TNI-AL angkut bantuan untuk gempa Lombok

Surabaya,(DOC) – Komandan Guspurla Koarmada II , Laksma TNI Erwin S.Aldedharma mewakili Pangkoarmada II, Laksda TNI Didik Setiyono meninjau kesiapan KRI dr.Soeharso-990 dan KRI Karel Satsuitubun-356 yang akan berangkat ke Lombok NTT untuk memberikan dukungan penanggulangan bencana gempa.

“Ini merupakan perintah langsung Bapak Presiden RI Ir. Joko Widodo kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto,” ungkapnya saat meninjau armada di dermaga Madura Ujung Surabaya, Senin(6/8/2018) pagi.

Menurutnya, keberangkatan Satgas Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PCRPB) TNI juga akan membawa bantuan logistik berupa makanan kemasan seperti sarden, air mineral, roti dan mie instan.

“Selain itu, TNI AL memberangkatkan 60 personil tim medis yakni dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya. Lembaga Farmasi TNI Angkatan Laut membantu 1 paket obat-obatan berbagai jenis. Yonzipur 10 Divisi II Kostrad mengirim 100 personel yang dipimpin Lettu CZI M. Fariz Zain dengan membawa alat-alat berat diantaranya Dumptruck, Crane Cargo, Selfloader, Backhoe Loader, Exca PC 70, Ran penjernih air, Forklift, Lighting tower, dan lainnya,” paparnya.

Ia menambahkan, langkah ini merupakan bentuk tanggap segera TNI dalam meringankan beban para korban yang mengalami musibah di Lombok NTT.

“KRI SHS akan difungsikan sebagai kapal rumah sakit yang dilengkapi dengan peralatan medis akan memberikan pertolongan kepada para korban luka-luka yang terkena reruntuhan bangunan. Sedangkan dari Yonzipur akan mengangkut reruntuhan bangunan,” pungkasnya.(hadi/r7)