D-ONENEWS.COM

Pasca Banjir Lahar Dingin Semeru, Tiga Desa di Lumajang Krisis Air Bersih

Lumajang,(DOC) – Tiga Desa di Kabupaten Lumajang mengalami krisis air bersih pasca banjir lahar dingin Gunung Semeru yang menerjang wilayah setempat pada Jumat(7/7/2023).

Tiga desa yang mengalami krisis air bersih diantarnya Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, dan Dusun Tulungrejo Desa Pasrujambe.

“Tiga desa mengalami krisis air bersih karena jaringan pipa rusak akibat diterjang banjir,” ujar Kabid Kedaruratan, Kesiapsiagaan dan Rehabilitasi BPBD Lumajang, Adma Teguh Pambudi.

Lanjut Teguh, untuk Desa Nguter Kecamatan Pasirian ini di suplai air bersih ini untuk pembersihan di lokasi terdampak banjir lahar dingin semeru.

Mengatasi krisis air bersih, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang mendistribusikan air bersih di tiga desa terdampak banjir lahar dingin Gunung Semeru.

“Kami setiap hari melakukan dropping air bersih. Untuk Desa Pasrujambe kita kirim 2 tangki, Tempursari dan Sidomuyo, Kecamatan Pronojiwo kirim 1 tangki,” ujar Teguh.(imam)

Loading...

baca juga