D-ONENEWS.COM

Peluang Emas Atlet Petanque, Cak Hasan: Juara Piala Rektor Bisa Masuk Pra PON

Surabaya, (DOC)-Atlet yang berhasil meraih juara di Kejuaraan Piala Rektor Series 2023, memiliki peluang untuk bisa menembus Pusat Pelatihan Daerah (Puslatda) Jatim. Bahkan tidak menutup kemungkinan, mereka bisa turun di Pra PON Tabanan Bali 8-15 Juli.

Hal tersebut dikemukakan oleh Rektor Unesa, Prof. Nurhasan saat menutup Kejuaraan Piala Rektor Series I 2023 di Lapangan Petanque New Kampret, Menganti, Gresik.

Menurut Nurhasan, saat ini tim Puslatda Jatim memang sudah terbentuk, namun komposisi atletnya bisa berubah, sebab jika ada atlet non Puslatda yang memiliki kemampuan lebih baik, maka mereka bisa masuk Puslatda.

“Di Puslatda kita menerapkan sistem promosi degradasi (Promdeg) jadi komposisi bisa saja berubah dan kita akan melihat hasil kejuaraan ini,” kata Nurhasan saat ditemui di lokasi pertandingan, Rabu 22 Maret 2023.

Lebih lanjut, Nurhasan menjelaskan, tujuan digelarnya Kejuaraan Piala Rektor Series ini adalah untuk memberikan kesempatan bertanding bagi para atlet. Rencananya selama tahun 2023 ada enam series, sehingga para atlet dari Kabupaten/Kota yang selama ini berlatih bisa memiliki banyak kesempatan untuk  mengeluarkan kemampuanya terbaiknya.

“Petanque ini jenis olahraga permainan dan harus banyak digelar event agar teknik, fisik dan mental semakin terlatih,” ujarnya.

“Bahkan di dua series terkahir kita akan mengundang provinsi lain,” tambah Nurhasan yang juga menjabat sebagai Ketua Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Jatim.

Ia juga mengatakan kalau Kejuaraan Rektor Series ini adalah yang pertama di Indonesia dan akan jadi role model pembinaan secara nasional. Tujuan lainnya adalah untuk mengembangkan olahraga Petanque di Jatim maupun Indonesia.

Sebab petangque ini termasuk olahraga yang bisa dimainkan semua kalangan masyarakat karena hanya memerlukan lahan 4x15m.

“Kenapa Malaysia dan Thailand bisa juara dunia?, karena disana setiap rumah ada lapangan petanque, selain itu lapangan petanque bisa dibangun dilahan parkir atau depan mall,” ucap orang yang kerap disapa Cak Hasan tersebut.

Ditemui ditempat yang sama, Ketua Panpel Rektor Series, Nursalsabila Rhesa Pandhadha Putra menjelaskan, selain untuk pembinaan atlet, kejuaraan ini juga sebagai ajang pelatihan dan menambah pengalaman bagi panitia agar bisa melaksanakan tugasnya dengan baik.

Ia juga mengatakan untuk series pertama mempertandingan empat nomor yakni, double putra/putri dan single putra/putri.

“Ini sudah mengacu pada pelaksanaan Porprov maupun PON,” ucapnya.

Sementara itu hasil pertandingan Kejuaraan Piala Rektor Series I 2023, atlet dari NPC 1 berhasil meraih juara di nomor single putra, sedangkan peringkat kedua putra ditempati oleh Banung 5, peringkat ketiga Ronggolawe dan empat Banung 2.

Untuk single putri juara diraih oleh atlet dari NPC 1, peringkat kedua Majapahit 1, peringkat tiga Wong Rowa 2 dan peringkat empat Wong Rowa 1. Sedangkan di nomor Double Putra juara direbut oleh Banung 1, peringkat II NPC 2, Mayangkara 1 di tempat ketiga dan Mayangkara 2 di tempat ke empat. Pada nomor double putri Banung 2 berhasil merebut juara pertama, kemudian diperingkat kedua NPC 1, Majapahit di peringkat tiga dan Ronggolawe di peringkat ke empat. (r7)

Loading...

baca juga