D-ONENEWS.COM

Pengerjaan Rehabilitasi Pipa PDAM Dikawal Komisi B DPRD Surabaya

Foto : Anas Karno cek pengerjaan rehabilitasi pipa PDAM

Surabaya,(DOC) – Rehabilitasi pipa yang tengah di kerjakan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada akan mendapat kawalan dari Komisi B DPRD kota Surabaya.

Hal ini seperti yang di sampaikan oleh Wakil Ketua Komisi B DPRD kota Surabaya Anas Karno.

Menurut Anas, Komisi B akan terus memantau rehabilitasi pipa PDAM agar di kerjakan dengan baik dan bermanfaat bagi warga Surabaya.

Politisi PDIP Surabaya ini, juga mengingatkan, agar perusahaan monopoli tersebut, dapat merapikan lagi sisa pekerjaan.

“Lokasi pengerjaan harus di kembalikan rapi seperti semula setelah selesai. Jangan sampai ada timbunan tanah. Apalagi sekarang sedang musim hujan yang bisa mengganggu kenyamanan aktifitas warga,” ujarnya, Minggu(30/10/2022).

Selain itu, ia meminta kepada PDAM Surya sembada supaya meminimalisir resiko pelanggan yang tak kebagian air bersih selama pengerjaan rehabilitasi pipa berlangsung.

“Namun berdasarkan pantauan kita, sampai saat ini belum ada pelanggan yang air PDAM nya mati saat penggantian pipa,” sambungnya.

Program rehabilitasi pipa PDAM, lanjut Anas, di harapakan kuantitas maupun kualitas air bersih yang di terima para pelanggan kian membaik. Apalagi pipa yang di rehab usianya sudah puluhan tahun. Bahkan sudah di tanam sejak zaman Belanda.

“Dengan penggantian pipa berdiameter lebih besar, maka distirbusi air lebih lancar dan tekanan debit airnya semakin besar. Selain itu air juga tidak lagi kotor,” pungkasnya.

Sebelumnya Direktur PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Arief Whisnu Cahyono mengatakan, rehabilitasi pipa tersebut, mengganti pipa berdiameter 1 inchi sampai 2 inchi dengan pipa lebih besar.

PDAM Surya Sembada merencanakan merehabilitasi pipa sepanjang 150 Km. Di antaranya berada di pusat kota Surabaya sepanjang 31 Km.

Rehabilitasi tersebut di lakukan mulai akhir tahun 2022, kemudian di lanjutkan di tahun 2023. Sehingga target PDAM di tahun 2023 semua terlayani air bisa tercapai.

Data PDAM Surya Sembada menyebutkan di tahun 2022, pengerjaan rehabilitasi pipa di Surabaya Barat mencapai panjang 18.087 meter.

Rehabilitasi pipa tersebut di lakukan di pemukiman kawasan Perak, Kupang Panjaan, Kebangsren, Lontar, dan Darmo Permai Selatan.(r7)

Loading...

baca juga