PENGUNJUNG PEMILU EXPO TEMBUS 930 ORANG, DIDOMINASI PEMILIH PEMULA DAN PEREMPUAN

Pengunjung Pemilu Expo KOmisi Pemilihan Umum Jawa Timur

 

Surabaya, kpujatim.go.id – Stand Pemilu Expo Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur, dalam ajang Jatim Fair 2018 di Grand City Surabaya terus diminati oleh kalangan pengunjung Terbukti sejak dibuka sampai Jumat (12/10) malam jumlah pengunjung mengalami peningkatan, tembus hingga 930 orang. Pengunjung yang datang ke stand nomor 53 – 54 berasal dari berbagai daerah, hingga lintas segmentasi.

Pengunjung yang datang kebanyakan kalangan pemilih perempuan dan pemula. Mereka selain mengecek apakah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), juga bertanya seputar Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 termasuk Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) yang dilaunching oleh KPU mulai 1 – 28 Oktober yang akan datang. Pengunjung terutama dari kalangan pemula juga melakukan simulasi pemungutan suara, serta melihat dan menanyakan isi dari maket Tempat Pemungutan Suara (TPS). Ada juga yang foto selfie dengan mengangkat papan slogan “Sama Pemilu Saja Peduli, Apalagi Sama Kamu”.

“Awalnya tidak tahu kalau ada stand KPU Jatim. Baru setelah tahu ternyata banyak informasi yang diperoleh, termasuk cek DPT dan GMHP. Tentu cukup membantu,” ujar Arman Permana, pengunjung asal Kabupaten Banyuwangi.

Hal yang sama juga disampaikan oleh salah satu pemilih pemula asal Kabupaten Gresik, Tazkiyatul Lailiyah. Dia mengaku dapat ilmu baru terkait kepemiluan, setidaknya cara menggunakan hak pilih dalam Pemilu 2019 nanti. Salah satu yang menarik dari stand Pemilu Expo KPU Jatim adalah banyak permainan, terutama yang dikemas dengan pengetahuan tahapan Pemilu. Bahkan, rela antri untuk memainkan dark game agar bisa memperoleh souvenir menarik yang sudah disediakan.

“Kebetulan datang ramai-ramai sama teman dan gamenya berbobot, karena disertai dengan pengetahuan kepemiluan. Jadi bisa belajar,” pungkasnya.

(BAY)