D-ONENEWS.COM

Petani Kesulitan Dapat Pupuk, Forkopimda Jember Lakukan Sidak

Jember, (DOC)-Forkopimda Kabupaten Jember melaksanakan inspeksi mendadak atau sidak ketersediaan pupuk bersubsidi maupun non subsidi, mulai dari gudang penyangga pupuk, distributor hingga agen resmi, Kamis (10/03/2022).

Sidang berlangsung dipimpin Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, bersama Kapolres Jember AKBP. Hery Purnomo dan Dandim 0824 Letkol. Inf. Batara C. Pangaribuan.

Sidak tersebut untuk memastikan proses penyaluran pupuk kepada para petani.

Dalam sidak berlangsung Bupati Hendy menemukan fakta bahwa ada perilaku yang menyimpang dimana petani mengambil jatah pupuk bersubsidi setahun dalam satu kali masa tanam.

“Jatah yang seharusnya untuk setahun, itu diambil sekaligus pada masa sekali masa tanam sehingga untuk masa tanam kedua, ketiga dan keempat ini akan bermasalah,” ungkap Hendy membeberkan temuannya.

Dia berharap perilaku demikian untuk disetop. “Itu tidak baik, saya harap ke depan tidak terjadi lagi seperti ini,” pintanya.

Hendy menegaskan, untuk pupuk bersubsidi memang dijatah dari pusat hanya 50 persen dari kebutuhan.

Dari sidak ini pula ditemukan, petani mencampur pupuk bersubsidi dengan pupuk nonsubsidi organik sehingga mempunyai dampak pada penurunan hasil panen.

“Justru tadi dari Gudang Penyangga itu tidak punya datanya petani, mereka mengaku melayani sesuai permintaan distributor, nah kalau distributornya tidak jujur bagaimana. Seharusnya punya data kebutuhan petani langsung,” pungkasnya.(imam)

Loading...

baca juga