D-ONENEWS.COM

Pinjam Buku Cukup Registrasi Lewat Android, Pemkab Luncurkan Perpus Elektronik

Lumajang,(DOC) – Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan Pemkab Lumajang, Khoiruddin, S. Pd., mengaku mulai awal bulan Januari 2018, jumlah pengunjung perpustakaan dari kalangan pelajar dan mahasiswa termasuk masyarakat umum meningkat.

Berdasarkan data sejak Januari sampai September 2018, jumlah pengunjung perpustakaan daerah (Pusda) Pemkab Lumajang yang terletak di jalan Alun-alun Barat, mencapai 5.195 orang. Sementara jumlah pengunjung ruang internet di Pusda juga mengalami peningkatan yakni 6.062 orang.

“Jumlah kunjungannya rata-rata lebih kurang 200 orang per hari. Paling banyak pelajar,” kata Khoirudin saat ditemui dikantornya, Kamis(22/11/2018).

Untuk menarik minat baca masyarakat, lanjut Khoirudin, pihak Pusda membuat aplikasi perpustakaan elektronik yang bisa di unduh melalui handphone android. Dengan aplikasi ini, masyarakat yang ingin meminjam buku ke Pusda, cukup registrasi pemesanan lewat smartphone saja.

Dalam menunjang fasilitas ini, pihak Pusda menyediakan 6 unit motor pintar dan 2 unit mobil pintar yang ditempatkan dimasing-masing kecamatan.

“Kita sudah launcing perpustakaan elektronik, agar mempermudahkan masyarakat untuk meminjam buku, tidak perlu repot-repot datang ke perpustakaan melainkan dapat registrasi dimana saja dari aplikasi android,” jelasnya.

Ia berharap seluruh masyarakat Lumajang yang berada di tengah kota dan pelosok desa, bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk menambah wawasan ilmu dengan membaca buku.

“Masyarakat bisa mendapatkan bahan bacaan guna menambah pengetahuan dan wawasan,”pungkasnya.(imam/r7)

Loading...

baca juga