D-ONENEWS.COM

Program Pertama Mensos Risma Usai Dilantik Besok, Benahi Data Warga Penerima Bantuan Tunai

Foto : Wali Kota Risma saat Vidcon usai ditunjuk Presiden RI jadi Mensos RI

Surabaya,(DOC) – Pasca penunjukan Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial (Mensos) oleh Presiden Republik Indonesia(RI) Joko Widodo, Walikota Surabaya Tri Rismaharini langsung melakukan Video Confrence dengan wartawan di Surabaya.

Dalam kesempatan itu, Ia menyatakan, bahwa menjadi Mensos RI adalah tugas berat karena menangani orang yang susah dan sedih.

“Jadi dari sisi tanggungjawab itu berat, di kementerian sosial menangani orang dalam kondisi susah gitu,” tuturnya, Selasa(22/12/2020).

Risma menjelaskan, besok pelantikan, artinya aku baru bekerja setelah resmi dilantik menjadi Menteri Sosial. Bahkan ia sempat menanyakan kepada presiden soal Surabaya.

“Soal Surabaya, wes Gak papa Bu Risma, nanti bisa pulang pergi Jakarta – Surabaya, sambil menunggu proses administrasinya seperti apa,” jelas Risma.

Masih Risma, ya, habis ini aku mau ketemu pukul 7 ke rumah pak Mendagri. Aku juga mau konsultasi soal itu bagaimana jabatannya. Tapi Bapak Presiden aku sudah izin aku bagaimana. Sudah tidak apa – apa, nanti Bu Risma wira-wiri sementara gitu.

Ketika disinggung soal Program Pertama menjadi Mensos, Risma menyebutkan, nanti pertama aku mau membenahi data dulu, supaya tidak ada selisih.

“Karena selisih itu pasti ada kan, ada yang kemarin belum meninggal, kemudian jadi meninggal hari ini. Padahal data sudah disepakati kemarin,” ungkap Risma.

Namun bagaimana, lanjut Risma, data itu bisa lebih valid, bagaimana kesalahan errornya rendah, itu yg pertama. Karena apapun berat melalui data. Kemudian tadi pak Presiden  juga menyampaikan tidak ada lagi bentuk tunai-tunai gitu. Jadi modelnya transfer-transfer gitu.

“Tadi aku sudah matur ke Pak Presiden, Bapak Gimana saya pemberdayaan bukan hanya memberikan bantuan, namun akan melatih mereka PMKS ini, untuk menjadi berdaya. Jadi bukan hanya menerima bantuan tapi, kita ajarkan untuk berdaya, kayak pahlawan ekonomi, kayak kampung anak negeri. Pak Presiden menyampaikan  tidak apa- apa, Bu Risma kan sudah pengalaman di Surabaya menjadi wali kota,” urainya.(robby)

Loading...

baca juga