PT Pelni Siapkan Angkutan Gratis untuk Bantuan Kemanusiaan ke Lombok

Surabaya (DOC) – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) (Persero) menyiagakan kapal motor (KM) Egon sebagai sarana angkutan untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan dari Surabaya ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pengiriman bantuan dapat dilakukan secara langsung melalui Pelni Cabang Surabaya di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya tanpa dipungut biaya atau gratis.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI (Persero), Ridwan Mandaliko mengatakan, penyediaan transportasi laut secara gratis dari Pelni merupakan bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat Lombok, NTB dan sekitarnya yang terkena musibah gempa bumi.

“Pelni sebagai BUMN transportasi laut menyediakan sarana transportasi kapal laut gratis untuk pengiriman bantuan kemanusiaan ke Lombok, NTB melalui PELNI Cabang Surabaya di Pelabuhan Tanjung Perak,” kata Ridwan, Senin (6/8/2018).

Kapal Motor (KM) Egon berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada Selasa (7/8/2018) ke Pelabuhan Lembar, NTB. KM Egon akan bersandar pada pukul 13.00 WIB dan berangkat pukul 18.00 WIB. KM Egon merupakan kapal tipe Roro dan dapat mengangkut mobil, alat berat dan penumpang.

“KM Egon dapat digunakan untuk mengangkut mobil, alat berat dan penumpang. Silakan bagi warga yang akan memanfaatkan transportasi laut dengan cuma-cuma untuk mengirim bantuan kemanusiaan ke NTB,” kata Ridwan.

Selain menyiapkan transportasi laut secara gratis bagi masyarakat yang akan mengirimkan bantuan kemanusiaan gempa bumi di Lombok, NTB, Pelni Grup terdiri PT Pelni (Persero), PT Sarana Bandar Nasional (SBN), PT Pelita Indonesia Jaya (PIDC) dan PT Rumah Sakit Pelni memberikan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa bumi di NTB.

Bantuan dari Pelni Grup berupa beras, gula pasir, minyak goreng, susu, obat-obatan, dan makanan kemasan diangkut dengan KM Egon dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya menuju Pelabuhan Lembar, Lombok, NTB.

Kepala Pelni Cabang Surabaya Presda akan mewakili Direksi PELNI menyerahkan bantuan kepada Nakhoda KM. Egon, untuk diserahkan kepada Kepala Koordinator Terminal Poin Ampenan yang akan menyalurkan bantuan kepada masyarakat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Bagi BUMN, kementerian dan masyarakat yang akan memberikan bantuan dapat menghubungi Humas Pelni via email humas@pelni.co.id.(dtc/ziz)

Tag: