D-ONENEWS.COM

Reaksi Cepat Kemensos Tangani PPKS yang Disapa Mensos Risma Depan ITC Roxy Mas

Foto: Para PPKS jalani cek kesehatan sebelum ke Balai Pangudi Luhur

Jakarta,(DOC) – Direktorat Jendral (Dirjen) Rehabilitasi Sosial, Kementerian Sosial (Kemensos) RI, Harry Hikmat, mendampingi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) yang disapa dan diajak Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, di Jalan Hasyim Ashari, Jakarta, Kamis(24/02/2021) pagi.

Para PPKS tersebut, diantar ke Balai Pangudi Luhur, Bekasi, Jawa Barat, untuk diberi keterampilan dan pembinaan kewirausahaan.

Sebelum berangkat, mereka telah menjalani test kesehatan terlebih dahulu di kantor Kemensos.

Seperti pada pemberitaan sebelumnya, Mensos Risma dalam perjalanan menuju kantor Kemensos di Jalan Salemba Raya No 28, telah menyapa pemulung dan tunawisma, di sekitaran ITC Roxy Mas, Jakarta Barat.

Ia menyapa pasangan suami-istri (Pasutri), Anto dan Novi, yang selama ini berprofesi sebagai pemulung.

Menurut pengakuan Anto, sebelumnya ia pernah bekerja sebagai kuli di perusahaan Adhi Karya.

Setelah itu, Mensos yang berangkat cukup pagi, sekitar pukul 05.49 Wib, dari rumah dinasnya, kembali menyapa Siti Ropiah bersama tiga orang anaknya yang posisinya tak jauh dari lokasi Anto dan Novi.

Waktu itu, Mensos hendak melanjutkan perjalanannya sekitar pukul 06.00 WIB, dan melihat Siti Ropiah tidur bersama tiga anaknya di emperan toko, depan ITC Roxy Mas, Jalan Hasyim Ashari, Jakarta Pusat.   

Selanjutnya, sekitaran lokasi tersebut, Mensos juga sempat mengajak seorang ibu single parent yang masih muda dan sudah dikaruniai satu anak.

Data dari Kemensos RI, Anto(53), mengaku sudah lima tahun memulung dan istrinya Riki Noviyanti(26), menemani suaminya.

Sementara Siti Ropiah(27), seorang ibu rumah tangga yang harus mengurus dua anak dan satu balita.

Sedang ibu single parent itu bernama Yunita Triana(24), dengan seorang anak yang tengah kehilangan pekerjaan sebagai karyawan laundry.

PPKS itu akan diupayakan untuk bisa mendiri secara ekonomi dengan bekal pembinaan kewirausahaan dan disalurkan kerja.

Rehabilitasi sosial PPKS tersebut, merupakan intervensi negara terhadap kelompok masyarakat yang rentan secara ekonomi, agar kelak mereka bisa hidup layak dan mandiri.(robby/r7)

Loading...

baca juga