D-ONENEWS.COM

Rumah Anak Prestasi Akan Dibangun 2 Lagi oleh Wali Kota Surabaya

Rumah Anak Prestasi Surabaya Akan Dibangun Dua Lagi  Surabaya,(DOC) – Komitmen Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi untuk menyediakan tempat bagi anak-anak hebat berkreasi terus di wujudkan. Rencananya ia akan menambah dua Rumah Anak Prestasi (RAP) di Surabaya.

Kepala UPTD Kampung Anak Negeri Dinas Sosial Surabaya Eva Rachmawati mengatakan, sekarang Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah memiliki tiga RAP.

Lokasinya berada di Jalan Nginden Semolo No 23 Sukolilo, Jalan Sono Indah VII/10 Sukomanunggal dan Jalan Mohammad Noer No1, Bulak Surabaya.

“Tiga RAP itu sudah beroperasi. Yang baru rencana di wilayah Surabaya Selatan, Dukuh Menanggal, saat ini dalam tahap penataan. Insyaallah RAP Dukuh Menanggal dalam waktu dekat di resmikan oleh Wali Kota Eri Cahyadi,” kata Eva Rachmawati, Rabu(27/3/2024).

Rumah Anak Prestasi baru lainnya, lanjut Eva, akan di bangun Pemkot Surabaya sendiri yang masih belum di ketahui lokasinya. “Karena animo masyarakat begitu tinggi, sehingga kita berencana menambah dua RAP lagi. Ini di harapkan bisa menjangkau anak-anak hebat di seluruh Surabaya,” ujarnya.

Berbagai Ketrampilan Tersedia di RAP

Eva menjelaskan, RAP adalah wadah bagi anak-anak hebat Surabaya untuk mengembangkan kreativitasnya. Melalui RAP, minat dan bakat anak-anak hebat atau anak disabilitas di harapkan bisa tersalurkan.

“Dengan RAP ini kami harap anak-anak hebat Surabaya bisa berprestasi sampai nasional bahkan internasional. Lebih dari itu, melalui RAP mereka bisa menatap masa depan yang lebih baik lagi,” harapnya.

Menurut dia, animo anak-anak hebat yang mendaftar di RAP sangat tinggi. Catatan Dinas Sosial, jumlah peserta didik di RAP Nginden mencapai 232 siswa, RAP Sonowijenan 190 siswa dan RAP Kedung Cowek yang baru di resmikan pada 7 Februari 2024, ada sekitar 94 siswa.

“Kegiatan di RAP setiap hari Senin sampai Sabtu pukul 08.00 – 17.00 WIB. Semua fasilitas dan layanan di sana gratis untuk anak-anak hebat Surabaya. Bahkan, satu anak hebat itu bisa memilih banyak kegiatan di RAP,” bebernya.

Eva menjabarkan bahwa ada berbagai kegiatan menarik yang bisa di ikuti anak-anak hebat di RAP. Mulai dari pelatihan handicraft, membatik, menjahit, musik, modeling, fotografi hingga dongeng bahasa isyarat. “Pelatihan ini semua bersifat gratis. Syarat mendaftar cukup menunjukkan identitas KTP atau KK Surabaya,” kata dia.

Tidak hanya itu, Eva menyebut, RAP juga menyediakan beberapa layanan gratis lain untuk anak-anak hebat Surabaya. Seperti di antaranya, ruang physiotherapy, ruang refleksi, ruang terapi wicara hingga layanan konsultasi psikologi serta dengan dokter spesialis anak.

“Alhamdulilah dari dunia usaha hingga stakeholder juga memberikan wadah kreasi yang seluas-luasnya kepada anak-anak RAP. Kita diberikan kesempatan tampil, performance di hotel-hotel dan mal. Bahkan mereka (anak-anak RAP) juga menjadi mentor misal terkait fotografi,” pungkasnya.(hm/r7)

Loading...

baca juga