D-ONENEWS.COM

Sambut Piala Dunia U-20, Risma Minta Jajarannya Fokus Persiapkan Infrastruktur

Foto: Kepala Bappeko Surabaya Eri Cahyadi (kiri) berkoordinasi dengan Wali Kota Tri Rismaharini sebelum acara tanam pohon di GBT, Sabtu (30/11/2019).

Surabaya,(DOC) – Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) akan menjadi fokus pembenahan jelang Surabaya jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Setelah kerja bakti bersama Bonek dan pengecatan beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melanjutkannya dengan penanaman pohon di area sekitaran GBT, Sabtu (30/12/2019).

Acara penanaman pohon dipimpin langsung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini beserta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah(OPD). Termasuk Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi. Sebelum penanaman pohon digelar, tampak Eri dan Risma berkoordinasi beberapa saat sebelum akhirnya Risma memberi sambutan.

Dalam sambutannya, Risma menekankan pentingnya kebersamaan dalam membangun GBT. “Tahun depan harus sudah clear. Termasuk pembangunan tiga akses menuju GBT,” ujar Risma. “Nanti InsyaAllah kalau pohon yang ditanam ini besar, pasti jadinya tambah dingin,” tambahnya.

Risma juga menekankan bahwa ada kemungkinan bahwa ajang Formula1 akan digelar di Surabaya. Dirinya akan mulai membangun sirkuit, dari ujung ke ujung GBT. “Someday saya nggak jadi walikota lagi. Tapi saya harap agenda ini bisa terus berlanjut karena (bisa) membanggakan Surabaya juga,” ujarnya.

Eri Cahyadi yang sebelum penanaman pohon berbincang dengan Risma mengatakan, wali kota Surabaya itu meminta agar ajang Piala Dunia U-20 tersebut menjadi salah satu prioritas pembangunan. Selain itu, ajang tersebut juga harus menjadi momen akselerasi pertumbuhan bagi setiap sektor di Surabaya.

“Bu Risma meminta agar semua sektor memanfaatkan momen ini. Sektor hospitality seperti perhotelan dan restoran harus bisa memaksimalkannya karena kunjungan bakal meningkat. Begitu juga warga-warga kampung. Tidak boleh cuma sebagai penonton, warga harus ikut terlibat dalam perputaran ekonomi ajang ini,” kata Eri.

Eri yang datang dengan kaus berwarna hijau itu mengatakan, penanaman pohon tabebuya di sekitar GBT merupakan penanda simbolis ribuan pohon yang menyusul ditanam. Tak hanya di sekitar stadion kandang Persebaya tersebut, barisan pohon bakal ditanam di sekeliling Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo yang berada tepat di samping kompleks GBT. Penanaman pohon akan difokuskan pada sisi TPA yang menghadapi GBT.

“Pohon-pohon ini akan menjadi buffer zone yang menjadi kawasan penyangga untuk membentengi TPA Benowo. Kami akan pilih jenis-jenis pohon tertentu dengan kemampuan paling maksimal menyerap bau dan gas rumah kaca dari TPA,” kata Eri. “Alhamdulillah, kami sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah lembaga masyarakat dan perusahaan-perusahaan yang siap men-support pohon-pohon di GBT dan TPA,” katanya.(robby)

Loading...

baca juga