D-ONENEWS.COM

Satlantas Polres Lumajang Pasang Banner Imbauan Rawan Laka Lantas

Lumajang,(DOC) – Guna Minimalisir terjadinya kecelakaan, Satlantas Polres Lumajang memasang banner dan spanduk himbauan di 6 titik rawan Laka Lantas.

Hal tersebut untuk mengantisipasi sekaligus menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang berada di wilayah Kabupaten Lumajang.

Pesan spanduk maupun banner yang di pasang itu, berisi imbauan kepada para pengguna jalan untuk mengurangi kecepatan kendaraan. “Kurangi Kecepatan Kendaraan Anda, Daerah Rawan Laka Lantas dan Hindari Korban Sia-sia di Jalan Raya di 6 titik”, isi pesan tersebut.

6 titik kawasan Rawan Laka Lantas yang di maksut, yakni Jalan Raya Kebonan Selatan Ranuyoso Kecamatan Ranuyoso, Jalan Raya Lumajang – Probolinggo, Plawangan, Grobogan, Kecamatan Kedungjajang, Jalan Raya Sultan Agung Tunjung Kecamatan Randuagung.

Kemudian di Jalan Raya Desa Kaliboto Kidul Kecamatan Jatiroto, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Krajan Kulon, Jalan Selokbesuki Kecamatan Sukodono, dan Jalan Raya Desa Wonokerto Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang.

Kepala Satlantas Polres Lumajang, AKP Suwarno mengatakan, spanduk maupun banner imbauan itu di pasang di jalur rawan Laka Lantas atau blackspot.

“Terkait pemasangan banner di jalur blackspot yang mana kita evakuasi sering terjadi kecelakaan,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini merupakan upaya pihak Satlantas Polres Lumajang untuk mencegah terjadinya kecelakaan di lokasi rawan.

“Jadi kami punya upaya-upaya untuk mencegah itu supaya masyarakat tidak menjadi korban sia-sia akibat kecelakaan,” katanya.

Dengan terpasangnya banner imbauan tersebut, di harapkan masyarakat dapat mematuhi dan tertib berlalu lintas. Tidak harus menunggu polisi memasang rambu yang faktanya jarang di hiraukan oleh para pengguna jalan.

“Saya harapkan masyarakat mentaati peraturan lalu lintas. kemudian mau belok atau putar balik apapun harus melihat situasi arus lalu lintas baik itu kanan kiri. Kalau itu longgar silahkan. Mau menyeberang, silahkan,” tandasnya.

Selain itu, pihaknya juga akan menerjunkan personil Satlantas Polres Lumajang untuk berpatroli di titik-titik rawan Laka Lantas.

“Kami lihat nanti bagaimana perkembangannya kedepan. Di jam-jam rawan, kita pasang anggota untuk memantau arus lalu lintas agar menekan Laka Lantas,” imbuh Suwarno.

Ia juga akan berkoordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan untuk penerangan lampu jalan. Mengingat pada malam hari, kondisinya masih kurang terang. Sekaligus meminta tambahan pemasangan lampu flash.

“Selain memasang papan imbuan, perlu juga menambah lampu flash warna kuning di jalan raya Ranuyoso. Kemudian lampu PJU di titik-titik yang kurang lampu penerangannya,” tuturnya.(imam/r7)

 

Loading...

baca juga