D-ONENEWS.COM

Sejumlah Pemilik Hewan di Lumajang Antusias Vaksinasi Rabies Gratis

Lumajang, (DOC) – Masyarakat pemilik hewan kesayangan kucing dan anjing antusias dengan kegiatan vaksinasi rabies yang digelar di halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang, Senin (2/10/2023).

Mengingat vaksinasi rabies itu diberikan secara gratis untuk kucing, anjing dan kera yang berdomisili di Kabupaten Lumajang. Kegiatan vaksinasi rabies itu untuk mencegah potensi penularan dan mempertahankan status bebas penyakit rabies di Lumajang

Kegiatan vaksinasi rabies dalam rangka memperingati hari rabies sedunia dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang dan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jatim VIIm

Masyarakat menyambut baik kegiatan itu, terbukti cukup banyak warga yang membawa hewan peliharaan kucing dan anjing untuk divaksinasi rabies. Warga merasa terbantu dengan vaksinasi rabies itu karena diberikan secara gratis.

“Vaksinasi rabies itu cukup efektif untuk mencegah kucing kesayangannya tertular rabies. Termasuk untuk melindungi dirinya apabila terkena gigitan kucing,” kata salah satu warga di sela vaksinasi rabies.

Kepala bidang peternakan dan kesehatan hewan drh Endra Novianto yang memimpin proses penyuntikan vaksin rabies saat di konfirmasi mengatakan ada sebanyak 55 hewan peliharaan masyarakat yang di suntik vaksin rabies. Hewan tersebut terdiri dari Kucing, anjing dan kera.

Endra menyebutkan, kegiatan penyuntikan vaksin rabies ini pihaknya mengalokasikan 100 dosis atau 100 ekor hewan peliharaan. Namun yang hadir 55 ekor.

Kegiatan ini kita alokasikan 100 dosis atau 100 ekor kita masuk di tensi dulu dan hadir ada 55 ekor.

“Ada sekitar 55 hewan peliharaan yang kita suntikan vaksin rabies. Kebanyakan hewan yang disuntik ialah Kucing, dan sisanya anjing serta kera,” Ujarnya.

Endra menjelaskan penyuntikan vaksin rabies ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus rabies yang dapat ditularkan melalui hewan peliharaan.

“Virus rabies ini yang dapat membahayakan masyarakat. Karena liur hewan peliharaan ini bisa mematikan manusia,” ujarnya.

Untuk antisipasi hal tersebut pihaknya melakukan penyuntikan vaksin rabies ini terhadap hewan peliharaan masyarakatm

Untuk itu, Ia mengimbau kepada masyarakat yang memiliki hewan peliharaan agar segera menyuntikan vaksin rabies dan tidak membiarkan hewan peliharaan tersebut berkeliaran di tengah-tengah masyarakat.

“Kami imbau masyarakat untuk segera memvaksin hewannya dan jangan dibiarkan berkeliaran.”imbaunya. (Imam)

Loading...

baca juga