D-ONENEWS.COM

Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu Rampung, KPU Lumajang Temukan Surat Suara Rusak

Lumajang, (DOC) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang telah merampungkan proses sortir dan lipat surat suara Pemilu 2024.

Ketua KPU Lumajang Yuyun Baharita mengatakan, proses sortir dan lipat surat suara Pemilu 2024 rampung selama delapan hari. Awalnya, KPU menjadwalkan pelaksanaan sortir dan lipat surat suara selama 14 hari, mulai tanggal 10-23 Januari 2024. Namun, petugas berhasil merampungkan selama delapan hari yakni mulai tanggal 10-18 Januari 2024.

“Sortir dan lipat sudah terlaksana dengan lancar. Dari target sehingga dapat diselesaikan lebih cepat yaitu 8 hari,” kata Yuyun saat ditemui di tempat penyimpanan surat suara Gudang Bulog Sumbersuko.

Ia menjelaskan, petugas pelipat dan mensortir kertas suara sebanyak 500 orang sudah menyelesaikan tugasnya.

“Untuk suara 855.886 udah tersortir dan lipat. Sesuai jumlah dapat ditambah 2 persen,” jelasnya.

Selesainya penyortiran surat suara, KPU Lumajang juga menemukan adanya surat suara yang rusak. Namun Yuyun tidak menjelaskan secara gamplang jumlah pasti surat suara yang rusak.

“Memang ada surat suara rusak. Tapi itu kecil jumlahnya. Jumlah pastinya saya tidak tahu. Itu sudah kemarin-kemarin ditemukan ya, jadi tidak menarik jika dibahas,” ujar Yuyun.

Yuyun menambahkan, KPU Lumajang akan berkoordinasiu dengan BPBD dan Kepolisian untuk membantu distribusi surat suara teruma daerah rawan terpencil. Seperti Kecamatan Pronojiwo dan Tempursari.

“Seluruh surat suara nanti harus sudah distribusikan di tempat pemungutan suara TPS pada tanggal 14 Februari 2024,” tutupnya.

Pantauan terkini di gudang penyimpanan surat suara Gedug Bulog terlihat petugas masih melakukan pengepakan kebutuhan alat tulis dan kantor keperluan pemilu. (Imam)

Loading...

baca juga