D-ONENEWS.COM

Stadion JSG Jember Masih Tahap Perbaikan Menyambut Pembukaan Porprov Jatim

Jember,(DOC) – Stadion Jember Sport Garden (JSG) secara resmi di tunjuk menjadi tempat penyelenggaraan pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur (Jatim) ke-VII tahun 2022. Kegiatan tersebut rencana terselenggara pada 25 Juni 2022 mendatang.

Namun sayangnya kondisi stadion JSG masih jauh dari kesiapan yang matang. Rangkaian acara pembukaan serta penyambutan ribuan atlet dari 38 Kabupaten/Kota se-Jatim, juga masih di ragukan bisa terselenggara dengan meriah. Mengingat waktu pembukaan tinggal 2 minggu lagi dan sarana serta prasarana stadion JSG masih memprihatinkan.

Hal ini seperti hasil pantauan puluhan wartawan olahraga KONI Jatim yang mengunjungi stadion berkapasitas 15 ribu penonton itu.

Ketidaksiapan stadion JSG untuk menggelar pembukaan Porprov terlihat mulai dari akses masuk dan kondisi jalan menuju stadion yang rusak dan perlu perbaikan.

Lahan kosong di luar stadion juga di tumbuhi tanaman liar dan rumput ilalang setinggi lutut orang dewasa. Padahal rencananya lahan kosong tersebut, akan di gunakan untuk parkir kendaraan.

Sementara kondisi lapangan sepakbola juga masih banyak rumput liar yang tumbuh subur, sehingga harus di cabuti dan di tanam lagi benih rumput baru.

Lintasan atletik di pinggir lapangan sepakbola juga masih dalam pengeerjaan pemasangan lapisan lintasan kedua yang berwarna merah.

Pelapisan kedua ini di lakukan setelah pelapisan lintasan pertama selesai pengerjaannya. Pihak pengelola stadion JSG akan membutuhkan waktu lama, sebelum lintasan atletik itu di pakai perlombaan.

“Memang belum tuntas pengerjaan lintasan atletik ini. Tapi, kita sudah melakukan pelapisan kedua,” kata Staf Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Jember, Endy Eko Prasetio.

Ia juga mengakui bahwa kesiapan stadion JSG Jember menggelar pembukaan Porprov Jatim, belum seratus persen bisa terlaksana. Menurut Endy, persiapan baru mencapai 75 persen.

“Kami targetkan pada 17 Juni nanti, sudah tuntas. Sehingga JSG bisa di pakai untuk pembukaan Porprov,” tegasnya.

Pengerjaan akan di kebut hingga malam. Terutama pada bagian-bagian stadion yang belum sempurna.

“Proses dan persiapan berbarengan dengan pengerjaan. Sekarang di kebut siang malam. Untuk rumput lapangan cukup dalam waktu seminggu,” katanya.

Kabupaten Lumajang Siap Seratus Persen

Berbeda dengan kesiapan pelaksanaan Porprov ke-VII di Kabupaten Lumajang. Meskipun wilayah ini sempat terkena dampak letusan gunung Semeru, namun mereka malah tidak sabar menunggu jadwal pelaksanaan pada 25 Juni sampai 3 Juli 2022.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan KONI Lumajang merupakan panitia lokal Porprov 2022 dan Lumajang adalah salah satu tuan rumah perhelatan olahraga antar kabupaten/kota se-Jatim.

Para panitia lokal ini, mengaku siap seratus persen untuk menyelenggarakan pertandingan 15 cabang olahraga (Cabor). Yakni sepakbola, bilyard, bridge, gulat, paralayang, selam, sepak takraw, sepatu roda, woodball, pencak silat, jusitsu, muaythai, balap sepeda, sambo, dan arung jeram.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Pemkab Lumajang, Nurman Riyadi menjelaskan, veneu penyelenggaraan 15 Cabor pada Porprov ke-VII, lokasinya tersebar dan sudah siap secara keselurahan.

“Semuanya sudah siap, tinggal hanya perbaikan sarana pendukung. Tapi untuk venue sudah siap semua,” kata Nurman saat keliling melakukan pengecekan venue bersama Ketua KONI Lumajang, Ngatiman dan jajarannya.

Sebanyak 4 – 5 ribu atlet, pelatih dan official akan berada di Lumajang selama pertandingan berlangsung. Menurut Nurman, diharapkan mereka bisa senang dan enjoy selama di Lumajang.

“Para atlet dan kontingen bisa senang hati dan rileks selama di Lumajang. Saya yakinkan masyarakat Lumajang sangat ramah dan kami siap menyambut dan melayaninya,” terang Nurman.

Lumajang memiliki wisata alam yang indah plus kuliner yang enak. Kata Nurman, beberapa venue lokasinya berada di destinasi wisata. Seperti Cabor sepatu roda digelar di lokasi wisata Tambuh Raya Idaman, Desa Condro, Kecamatan Pasirian, Lumajang.

Kemudian Cabor paralayang dihelat di Gunung Wayang Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro. “Atlet bisa menikmati wisata alam, lihat laut dan gunung Semeru,” ucap Nurman.

Ketua KONI Lumajang Ngateman menambahkan, bukan cuma venue yang siap, tapi akomodasi, transportasi dan sarana pendukung juga sudah tidak masalah. “Kami tinggal melaksanakan dan sudah siap semua,” imbuh Ngateman.

Sebagai panitia lokal, kata Ngateman, pihaknya akan melaksanakannya secara maksimal. “Kami akan melaksanakan dan memberi pelayanan sebaik mungkin semua kontingen Porprov di Lumajang,” pungkas Ngateman.(ang/r7)

Loading...

baca juga