D-ONENEWS.COM

Tambang Emas di Sulut Longsor, 60 Orang Tertimbun, 1 Tewas

Manado (DOC) – Bencana tanah longsor melanda sebuah Penambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, tadi malam. Sedikitnya 60 penambang tertimbun longsoran tanah dan bebatuan.

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, saat puluhan orang sedang menambang emas tiba-tiba tiang dan papan penyangga lubang galian patah karena kondisi tanah yang labil dan banyaknya lubang galian tambang.

Akibatnya, menurut data sementara yang masuk ke BNPB, sekitar 60 penambang emas tertimbun longsoran tanah dan bebatuan di areal tambang rakyat tersebut.

Sampai dengan Rabu (27/2) pukul 05.00 WITA, 14 penambang sudah berhasil dievakuasi, satu orang di antaranya meninggal dunia dan 13 orang lainnya luka ringan dan berat.

Menurut Sutopo, setelah menerima informasi dari masyarakat BPBD Bolaang Mongondow langsung berkoordinasi dengan Basarnas Pos SAR Kotamobagu, Polsek Lolayan dan Koramil Lolayan untuk mengevakuasi para penambang yang tertimbun material longsoran.

Proses evakuasi melibatkan Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Bolaang Mongondow, Basarnas Pos SAR Kotamobagu, Polres Kotamobagu, Polsek Lolayan, Koramil Lolayan, PMI, Rescue JRBM, masyarakat setempat dan penambang yang ada di lokasi.(ara/ziz)

Loading...

baca juga