D-ONENEWS.COM

Tingkatkan Pelayanan Perpus Melalui Bimtek Pengelolaan Perpustakaan Desa/Kelurahan & Desa

Lumajang, (DOC) – Untuk meningkatkan peran serta para pengelola pustakawan/pengelola perpustakaan dan rumah baca di Desa dalam rangka pengembangan perpustakaan, mensingkronkan tata cara pengelolaan perpustakaan sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan serta mewujudkan penyelenggaraan perpustakaan yang baik dan layanan prima kepada masyarakat dalam memberikan informasi melalui bahan perpustakaan.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Perpustakaan Lumajanv menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Perpustakaan Tahun 2019.

Acara tersebut berlangsung dua hari bertempat di Gedung Panti PKK Lumajang.

Asisten Administrasi Setda Kabupaten Lumajang Nugroho Dwi Atmoko saat membuka acara mengatakan, bahwa saat ini perpustakaan di Lumajang mulai bertransformasi untuk menerapkan sistem perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Menurutnya, dengan menerapkan sistem tersebut, maka perpustakaan dapat memfasilitasi masyarakat untuk mengembangkan potensinya dengan melihat keragaman budaya, kemauan untuk menerima perubahan, menawarkan kesempatan berusaha, serta melindungi budaya dan hak asasi manusia (HAM).

“Untuk itu, dengan diterapkannya sistem pepustakaan berbasis inklusi sosial, kami harap layanan perpustakaan dan koleksinya dapat dimanfaatkan oleh semua lapisan masyarakat seoptimal mungkin hingga ke pedesaan,” katanya.

Selain itu, disampaikan Nugroho, bahwa saat ini Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Lumajang juga telah menyediakan tempat untuk berbagi pengalaman, ruang belajar yang kontekstual serta tempat berlatih keterampilan di Rumah Pintar.

“Saat ini, Perpusda telah menyediakan tempat untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Dan, disana juga melibatkan pemuda, perempuan dan pelaku UMKM sehingga diharapkan nantinya mampu meningkatkan kunjungan pemustaka ke perpustakaan, yang muaranya akan memberikan impact untuk kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Ia menambahkan, bahwa saat ini Perpusda juga telah berinovasi menyediakan literasi digital agar masyarakat mudah mengakses buku-buku yang ingin dibacanya.

“Perpusda telah menyediakan e-book sekitar 1.500 judul buku, 4.000 eksemplar. Dan, masyarakat dapat mengaksesnya secara langsung melalui smartphone android yang dimilikinya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengembangan dan Otomasi Petpustakaan Dinas Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang Neneng Yuniasih dalam laporannya menyampaikan, tujuan bimtek tersebut adalah untuk meningkatkan keterampilan pengelola perpustakaan dalam mengelola perpustakaan desa dan kelurahan.

Ia juga menyampaikan, bahwa bimtek tersebut diselenggarakan selama dua hari, yang dimulai 11-12 November 2019, dan diikuti oleh sekitar 150 orang peserta, yang terdiri dari Petugas Pengelola Rumah Baca dan Perpustakaan Kelurahan/Desa, serta Pengelola Perpustakaan Perangkat Daerah dan sekolah tingkat SD, SMP, SMA, SMK di Kabupaten Lumajang.

Bimtek tersebut menghadirkan narasumber Tutik Endriyani, Malikha Rustya, dan Cindy Vionariska selaku Pustakawan Perpusda Kabupaten Lumajang, dan Yuli Astuti selaku Ketua Perpustakaan Desa “Tunas Bangsa” Desa Pandanwangi Kecamatan Tempeh.
Materi yang diberikan selama 2 (dua) hari pelatihan sejumlah pelajaran antara lain, Pelestarian bahan pustaka, pembinaan minat baca, strategi pemberdayaan Perpustakaan, dan pengelolaan bahan pustaka, organisasi dan manejemen Perpustakaan, tranformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. (Mam)

Loading...

baca juga