D-ONENEWS.COM

Tolak Pelantikan Sekdes Papringan, Warga Ancam Segel Kantor Desa dan Buat Onar

Lumajang,(DOC) – Hampir ribuan warga desa Papringan, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang Jawa Timur, geruduk kantor Kepala Desa, menuntut pelantikan Yiyin Nuryati menjadi Sekertaris Desa (Sekdes) Papringan dihentikan.

Rencananya Yiyin Nuryati akan dilantik menggantikan Saiful Rizal Sekdes Papringan yang menjabat sebelumnya, Senin(17/12/2018) siang.

Dalam kesempatan tersebut, warga yang terdiri dari sejumlah tokoh masyarakat mengancam akan menyegel kantor kepala desa dan membuat onar, apabila prosesi pelantikan terus dilanjutkan.

Kepala Desa (Kades) Papringan, Abdul Azis, saat hendak membacakan keputusan Bupati Lumajang Thoriqul Haq atas pengangkatan Yiyin Nuryati sebagai Sekdes Papringan, langsung membatalkannya, setelah situasi memanas karena warga memprotes keras keputusan tersebut dengan berteriak – teriak.

Dihadapan ratusan lebih warga, Kades Abdul Azis berjanji akan mengkomunikasikan, sekaligus mengkoordinasikan protes ini ke Bupati Lumajang, Thoriqul Haq.

Abdul Azis menjelaskan, Saiful Rizal yang sempat dilantik dan menjabat Sekdes Papriangan, karena didasari oleh kemenangan perolehan suara dalam tahapan penjaringan Sekdes beberapa waktu lalu.

Namun kemudian rivalnya Yiyin Nuryati, melayangkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya atas dasar domisili Saiful Rizal.

Saat itu, lanjut Abdul Azis, gugatan Yiyin ditolak dan PTUN memutuskan domisili Saiful Rizal tidak mempengaruhi kemenangannya merebut kursi Sekdes Papringan.

Tidak puas dengan keputusan PTUN, Yiyin kembali mengajukan peninjauan kembali (PK) ke mahkamah agung (MA).

“Pada persidangan di MA, Yiyin menang dan keluarlah surat perintah pencabutan SK pelantikan Sekdes Saiful Rizal digantikan Yiyin Nuryati sebagai Sekdes pengganti. Tapi karena warga begini marah dan mengancam, saya akan berkoordinasi dengan Bupati. Sayapun tidak ingin hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” ungkap Abdul Azis kepada sejumlah awak media.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat setempat, Muhammad mengatakan, protes pelantikan Yiyin Nuryati sebagai Sekdes pengganti Saiful Rizal bukan tanpa dasar.

Ia menerangkan, selain hasil kemenangan pemilihan, Saiful Rizal saat menjabat Sekdes sudah berbakti untuk desa dan bahkan aktif bersama-sama warga berpatroli menjaga keamanan desa.

“Sementara Yiyin, saya mewakili warga yang lain sudah kecewa. Dan pernah melakukan kesalahan yang hingga saat ini membekas,” ujarnya.

Ia juga memiliki bukti tumpukan data kesalahan-kesalahan Yiyin yang masih membekas dihati warga. Data ini, lanjut Muhammad, siap di ekspos, jika Yiyin tetap dilantik menjadi Sekdes Papringan.

“Datanya sekarang di bawa. Kami tetap menolak, dan itu harga mati tidak bisa ditawar lagi,” pungkasnya.

Pada proses pelantikan ini, Yiyin Nuryati tak hadir dan belum memberikan keterangan apapun atas protes yang dilakukan oleh ratusan warga Papringan, Klakah, Lumajang ini.(imam/r7)

Loading...

baca juga