D-ONENEWS.COM

UMKM Solo Go Ekspor, Pasarkan Produk Lewat E-Commerse

Surakarta,(DOC) – Bertempat di Hotel Alilla, Jumat (23/4/2021) kemarin, Walikota Solo, Gibran Rakabuming melakukan penandatanganan kerjasama terkait pengembangan usaha mikro kecil dan mengengah (UMKM) Kota Surakarta dengan PT. Shopee Indonesia. Turut dihadiri oleh Jajaran Kepala Perangkat Daerah dan 200 peserta pelaku UMKM Kota Solo.

Kerjasama yang dilakukan Pemerintah Kota Surakarta dengan Shopee ini menjadi wadah UMKM untuk berkembang dan memperluas pemasaran produk melalui e-commerce. Sebanyak 200 peserta pelaku UMKM di Solo mengikuti talkshow dan pelatihan yang akan dilangsungkan selama 2 hari.

Pada kesempatan ini Mas Gibran menyampaikan pesan, di era 4.0 ini seluruh pelaku UMKM harus mulai masuk ke dunia digital.

“Di era revolusi industri 4.0 dengan adanya pandemi ini sebenarnya kita harus bersyukur. Dan adanya keterbatasan saat pandemi ini, mau tidak mau masuk ke dunia digital” jelas Gibran

Selain itu, Gibran berharap dengan kerjasama ini dapat membimbing pelaku UMKM mengembangkan produknya hingga menembus pasar internasional.

“Adanya kerjasama dengan Shopee ini, saya ingin 40.000 pelaku UMKM Solo yang sudah bergabung dengan Shopee ini bisa dimaintenance dengan baik oleh Shopee, bisa dinaikkelaskan, bisa dibantu dari awal hingga marketingnya, terutama untuk pasar nasional dan internasional” jelas Gibran.

Kemudian, Direktur PT Shopee Indonesia, Handika Jahya, menyampaikan ingin menjadikan Kota Solo sebagai contoh untuk kota kota lain dan ingin membawa UMKM Solo ke pasar internasional lewat berbagai produk lokal yang dimiliki.

“Jadinya kita pengen menjadikan Solo ini sebagai contoh dari kota-kota lain”.

Lalu, Handika menyampaikan pada kerjasama ini terdapat beberapa rangkaian program yang akan dilakukan. Dimulai dari program pelatihan, program edukasi, pengelolaan produk dan pemasaran produknya. Terakhir, beliau menyampaikan tujuan kerjasama ini untuk membuka pasar global bagi pelaku UMKM.

“Terakhir adalah pembukaan pasar global, jadi kita melihat dimana barang-barang lokal ini bukan hanya berkompetisi di pasar nasional tetapi juga ke luar” jelas Handika.

Usai talkshow dengan para peserta, Gibran Rakabuming didampingi Handika Jahya berkeliling mengunjungi gerai UMKM yang ada dan membeli berbagai produk yang dijajakan.(jj/r7)

Loading...

baca juga