D-ONENEWS.COM

Wapres Ma’ruf Amin Ingatkan Peran Santri, Jaga NKRI di Tahun Politik

Wapres Ma’ruf Amin

Jakarta,(DOC) – Mendekati pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada 2024 mendatang, Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin meminta semua pihak menjaga suasana kondusif. Terutama elite Partai Politik (Parpol), agar tidak melontarkan pernyataan (statement) yang bisa membuat gaduh dan menjurus pada permusuhan.

“Kita harapkan dari kalangan Parpol. Ya ketika menyikapi perbedaan. Ketidaksamaan itu jangan sampai membuat statement-statement yang bisa menimbulkan permusuhan. Sebab kalau itu di atas sudah ada unsur-unsur itu, di bawah itu akan bisa lebih parah. Akan bisa lain artinya lebih tajam, nanti permusuhannya,” ucap Wapres di Istana Jakarta, Sabtu(22/10/2022).

Ia juga mengharapkan kepada seluruh elemen bangsa, termasuk para santri. Agar aktif berperan dalam menjaga stabilitas di kalangan masyarakat. Mengingat saat ini sudah memasuki tahun politik.

“Santri itu harus berperan untuk menjaga supaya perbedaan aspirasi politik itu tidak menimbulkan konflik di masyarakat,” ujarnya.

Wapres menyatakan, perbedaan aspirasi politik, biasanya muncul dari fanatisme kelompok yang menganggap orang lain dengan paham berbeda, adalah salah. Untuk itu, santri dengan jumlah yang banyak dan tersebar di seluruh Indonesia, memiliki peran penting dalam menetralisir fanatisme tersebut.

“Jangan sampai menganggap yang tidak se-aspirasi itu di anggap musuh dan tentu politik identitas juga. Supaya tidak menjadi isu politik yang memecah belah masyarakat. Itu saya kira yang harus di kerjakan oleh santri ini,” kata Wapres.

Menurut Wapres, peran santri sangat di butuhkan dalam menjaga stabilitas politik jelang Pemilu 2024 mendatang. Supaya persaudaraan se-sama anak bangsa dapat terus terjalin di tengah-tengah berkembangnya dinamika.

“Ini yang perlu kita jaga dan santri sesuai tugasnya mengawal negara ini supaya tetap aman. NKRI tidak terganggu dan semua masyarakat tidak terjadi permusuhan. Semuanya tetap bersaudara, ukhuwah wathaniyah jangan sampai terkoyak. Itu peran dari santri kita,” pungkas Wapres Ma’ruf Amin.(l6/r7)

Loading...

baca juga