D-ONENEWS.COM

Warga Urunan Pasang Spanduk Dorong Eri Cahyadi Maju Cawali di Pilwali 2020

Foto: Spanduk Eri Cahyadi Jalan Lontar Surabaya Barat

Surabaya,(DOC) – Mendekati pergantian tahun, arah dukungan warga Surabaya jelang Pemilihan Wali Kota (Pilwali) 2020 mendatang semakin terlihat. Sejumlah warga yang tergabung dalam sejumlah komunitas, sudah berani ‘blak-blakan’ memasang spanduk dukungan untuk Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi.

Berdasarkan pantuan, spanduk tersebut terlihat di Kenjeran, Bulak, Sukolilo, Sambikerep, Benowo, Pakal, Dupak, Manukan, Asemrowo hingga Banyu Urip. Salah satunya terlihat di depan Sentra Ikan Bulak (SIB). Spanduk bergambar wajah kepala badan perencanaan pembangunan kota (bappeko) itu diberi tulisan ”Jadi Wali Kota Itu Berat, Biar Cak Eri Cahyadi Saja”.

Begitu juga di Kelurahan Genting Kalianak, Asemrowo. Spanduk dukungan buat mantan Plt Kepala Dinas Kebersihan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) itu berbunyi, “Mentok Ambek Cak Eri Cahyadi, Seng Liyane Dipikir Mburi.” Bahkan, warga yang mengatasnamakan Gelora Tambak Dono tak segan menyebut Eri sebagai anak emas Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dengan spanduk bertulisan “Bolone Bu Risma, Milih Anak Emase Bu Risma Eri Cahyadi.”

Suwarto, salah seorang tokoh masyarakat Benowo yang ikut memasang spanduk mengatakan, spanduk-spanduk tersebut murni dipasang warga. Tidak ada yang menyuruh. Bersama sejumlah kelompok masyarakat, mereka berinisiatif melakukannya karena khawatir dengan kemunculan bakal calon wali  kota yang sama sekali tidak punya rekam jejak kontribusi terhadap Kota Surabaya.

”Yang kami tahu ya Pak Eri Cahyadi, kepala bappeko yang memang anak buah Bu Risma. Beliau sangat dipercaya Bu Risma. Karena status Pak Eri yang pegawai negeri dan tidak bisa melakukan kegiatan politik, maka kami lah yang harus berinisiatif untuk turun memasang spanduk,” ungkapnya.

Hal serupa terjadi di Sambikerep. Warga bahkan urunan untuk mencetak spanduk Eri. Aji Setiawan, warga Sambikerep, mengatakan bahwa masyarakat sukarela mengumpulkan dana guna menyampaikan dukungan lewat spanduk.

”Saya kenal Pak Eri dari acara Surabaya Smart City (SSC). Dari acara tersebut kami bisa mengukur bahwa beliau layak kami dukung karena kontribusinya yang nyata melalui acara tersebut. Juga jelas bahwa dia yang bisa meneruskan program Bu Risma karena kedekatan beliau dengan emake arek Suroboyo,” jelasnya.

Ketua RW 5 Kelurahan Babatan Johny Sunaryo menilai Surabaya membutuhkan sosok seperti Eri. Salah satu alasannya, tokoh dari kalangan birokrat sudah terbukti mampu membangun Kota Surabaya menjadi lebih baik. Mantan kepala Kantor Cabang Bank Mandiri Gresik itu menyatakan sudah tidak percaya jika politisi yang maju sebagai calon wali kota.

Sementara saat dikonfirmasi terpisah, Eri Cahyadi menegaskan, bahwa dirinya tak pernah meminta warga untuk memasang spanduk tersebut. Bahkan dirinya juga enggan mengomentari mulai maraknya dukungan ke dirinya untuk maju Cawali Surabaya 2020 mendatang. “Saya tidak tahu apa-apa soal itu,’’ ucapnya.

Eri menambahkan sekarang ini dirinya hanya fokus bekerja sebagai Kepala Bappeko Surabaya. ’’Tidak ada  pikiran dari saya terkait pilwali atau apa. Saya fokus kerja saja,’’ tandasnya.(r7/robby)

Loading...

baca juga