D-ONENEWS.COM

258 Tahanan Lapas Sorong Kabur Akibat Kerusuhan Manokwari

Jakarta (DOC) – Kerusuhan yang pecah di Manokwari, Papua Barat tidak saja merusak fasilitas umum. Sedikitnya 258 tahanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sorong diketahui kabur akibat provokasi dari massa aksi di Manokwari.

Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Ade Kusmanto membeberkan, sebanyak 258 narapidana Lapas Sorong melarikan diri karena dipicu provokasi massa demonstrasi yang menggelar aksi di luar lapas pada Senin (19/8/2019).

“Rangkaian kejadian situasi keamanan di Papua Barat beimbas pada Lapas Sorong. Karena provokasi para pendemo dari luar lapas,” kata Ade, Selasa (20/8/2019).

“Mereka melempari gedung lapas sehingga memicu emosi para narapidana,” ujarnya.

Menurut Ade, sekitar pukul 13.00 WIT terdengar teriakan di dalam Lapas Sorong. Saat itu petugas Lapas mampu meredam emosi para narapidana.

Kemudian, sekitar pukul 16.15 terjadi pelemparan batu dari samping lapas.

“Sehingga memprovokasi warga binaan pemasyarakatan yang awalnya membalas lemparan jadi beralih melempar dan menyerang petugas,” ucapnya.

Kemudian pada pukul 17.00, ada yang menjebol tembok sisi kanan Lapas Sorong dan jendela ruang registrasi. Penjebolan tembok ini menjadi sarana warga binaan melarikan diri.

Sehingga terjadi kerusuhan yang berujung pada perlawanan kepada petugas, pembakaran Lapas Sorong dan pelarian narapidana.

“Kami laporkan juga dalam menghalau, petugas bentrok fisik juga. Namun karena jumlah warga binaan jauh lebih besar, petugas mundur,” kata Ade.

“Ada satu petugas terluka oleh napi karena menghalangi napi yang memaksa keluar lapas,” ujarnya

Baca juga: Provokasi Massa ke Narapidana Diduga Jadi Penyebab Kebakaran di Lapas Sorong

Menurut Ade, dari total 547 narapidana, 289 orang tetap berada di Lapas Sorong. Sementara 258 orang lainnya melarikan diri.

Pukul 19.00 malam, kata Ade, situasi di Lapas Sorong mulai kondusif. Pemadam kebakaran juga sudah dikerahkan untuk memadamkan api di Lapas.

Sementara, pihak Lapas Sorong melakukan pendataan warga binaan pemasyarakatan lebih lanjut.(kcm/ziz)

Loading...

baca juga