D-ONENEWS.COM

Akun Instagram Kebun Binatang Surabaya Diretas, Gambar Bacapres AMIN Diposting

 

Surabaya, (DOC) – Akun Instagram milik Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) selaku pengelola Kebun Bintang Surabaya (KBS) diduga direntas orang tak bertanggung jawab dengan mengunggah foto pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden Anies-Muhaimin (AMIN), Selasa.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Kepala Seksi Humas KBS Lintang Ratri Sunarwidhi.

“Akun Instagram kami sempat direntas,” kata Lintang melalui sambungan telepon.

Manajemen KBS, khususnya tim humas tak ada mengetahui pihak dibalik pengunggah foto tersebut, sebab saat itu seluruh tim sedang berada di lapangan untuk memantau perkembangan kunjungan wisatawan.

Pihaknya justru mengetahui unggahan tersebut setelah menerima informasi dari awak media.

“Kami dapat telepon dari teman-teman wartawan juga kami langsung ke kantor ambil ponsel,” ujarnya.

Diperkirakan foto pasangan “AMIN” yang terpampang di akun Instagram PDTS KBS diunggah pada sekitar pukul 10.00 WIB.

Kondisi akun tersebut saat dicek oleh petugas juga dalam kondisi terkunci.

Namun setelah dilakukan penanganan oleh, pihak Humas KBS langsung menghapus unggahan foto “AMIN” dan mengganti kata sandi akun media sosial tersebut.

“Sekarang akun Instagram sudah bisa terbuka sekitaran 5-10 menit yang lalu, kami sudah langsung hapus postingan tersebut kami ganti password juga,” katanya.

Guna mengantisipasi kejadian serupa, manajemen juga mengganti kata sandi akun media sosial lainnya.

“Semua akun media sosial kami langsung ganti password semuanya,” ucap Lintang.

Diketahui unggahan yang terpampang di akun media sosial KBS memperlihatkan saat pasangan “AMIN” melakukan deklarasi politik di salah satu hotel di Kota Surabaya dengan mencantumkan tulisan “Untuk Indonesia lebih baik 2024”.

Sementara, Manajemen KBS pun juga sudah mengklarifikasi unggah melalui instastory di akun media sosial perusahaan.

“Selamat siang sahabat satwa. Salam sejahtera bagi kita semua. Kami menginformasikan bahwasanya aku instagram Kebun Binatang Surabaya direntas,” tulis akun tersebut.

“Namun saat ini aku sudah kembali. Mohon maaf atas ketidaknyamanan dari postingan yang telah beredar sebelumnya,” lanjut unggahan klarifikasi manajemen KBS.

Melalui unggahan klarifikasi itu, manajemen juga menekankan bahwa tidak terlibat dan tak memiliki keberpihakan pada pasangan tertentu.

“Kami tekankan kembali bahwa PDTS Kebun Binatang Surabaya sama sekali tidak terlibat dalam kampanye politik dalam bentuk apapun. Terimakasih atas perhatiannya” tulis akun itu lagi.

Tangkapan layar kaca – Unggahan foto pasangan “AMIN” di Instagram milik PTDS KBS. Akun resmi milik salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pemkot setempat diduga direntas oleh pihak tak bertanggungjawab, Selasa (19/9/2023). (r6)

Loading...

baca juga