D-ONENEWS.COM

Banjir Rob Masih Berpotensi Terjadi, BMKG Himbau Warga Pesisir

Ilustrasi

Surabaya,(DOC) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Perak Surabaya menghimbau warga yang tinggal dikawasan pesisir untuk waspada terjadinya banjir akibat air pasang laut(rob).

Fenomena alam yang dipengaruhi oleh gerhana bulan saat memasuki bulan purnama akan berlangsung sampai Sabtu(11/1/2020) besok.

Kepala Kelompok Prakirawan BMKG Maritim Perak II, Ari Widjajanto menyatakan, ketinggian air rob bisa mencapai 10-20 sentimeter dari rata-rata permukaan air laut setinggi 120 sentimeter.

“Artinya ketinggian banjir rob bisa mencapai 130 hingga 140 centimeter, tergantung topografi wilayah,” katanya.

Ia menambahkan, potensi rob diperdiksi terjadi tidak hanya di pulau Jawa termasuk Surabaya, Sidoarjo dan Pasuran saja, namun terjadi se Indonesia.

“Banjir rob akan semakin parah jika di barengi oleh intensitas hujan tinggi. Tentu debit air laut bertambah,” jelasnya.

Selain banjir rob, lanjut dia, gelombang air laut juga diperkirakan cukup tinggi hingga bisa menghempaskan sebuah bangunan atau gedung yang berada di pesisir pantai.

Sementara itu dari pantauan di pesisir pantai Kenjeran pada Kamis(9/1/2020) malam, pasang air laut masih belum setinggi prakiraan BMKG. Puncak rob masih berlangsung Sabtu(11/1/2020) besok.(div)

Loading...

baca juga