D-ONENEWS.COM

Bantuan Rp 57,6 M Disiapkan Untuk RW se-Surabaya, Komisi A: Bentuknya Barang, Bukan Uang

foto; Camelia Habiba

Surabaya,(DOC) – Tahun depan, seluruh rukun warga (RW) di Surabaya akan mendapat bantuan dari Pemkot Surabaya dengan total Rp 57,6 miliar.

Hal ini terungkap saat rapat pembahasan APBD Kota Surabaya Tahun 2022 di Komisi A DPRD Kota Surabaya, Senin(8/11/2021).

Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya, Cemelia Habiba mengatakan, dalam pembahasan APBD 2022, Komisi A menganggarkan Rp57, 6 miliar sebagai alokasi tambahan di kecamatan-kecamatan.

Menurut politisi perempuan PKB ini, anggaran Rp 57,6 miliar ini sebagai ucapan terima kasih kepada RW se- Surabaya. Sebab, selama masa pandemi Covid-19 para ketua RW menjadi garda terdepan penanganan Covid-19, sehingga kondisi Surabaya bisa turun menjadi Level 1 PPKM.

“Alokasi anggaran Rp 57,6 miliar untuk RW ini kita alokasikan untuk perlengkapan, inventaris lainnya seperti terop, 20 set kursi lipat, 2 meja, sound system, PC komputer plus printernya, LCD proyektor untuk menunjung kinerja RW-RW yang saat ini harus berbasis digital karena ini Kota Surabaya. Jadi saat rapat virtual baik dengan wali kota, dewan, camat, para RT bisa menyaksikan. Intinya kinerja RW bisa optimal karena ada fasilitas perlengkapan penunjangnya, ” ungkap dia

Habiba berharap, dengan bantuan apresiasi untuk RW-RW ini dapat meningkatkan kinerja saat memberikan pelayanan masyarakat. “Bantuan ini sebagai bentuk apresiasi kita kepada setiap RW, dan Wali Kota Surabaya menyetujui usulan Komisi A. Karena semangatnya wali kota kan seluruh tugas dan kewenangan wali kota dialihkan ke kecamatan. Artinya, pelayanan untuk masyarakat harus jemput bola. Lantaran garda terdepan layanan masyarakat kan para RW-RW,”tandas dia.

Lebih jauh, Habiba mengatakan, mengenai teknis bantuannya, anggaran akan didistribusikan ke setiap kecamatan. Jadi pengadaannya ada di kecamatan dan kecamatan ini yang akan mendistribusikan ke setiap RW-RW. “Jadi ini tidak berupa uang namun barang. Ini kan bukan hibah, tapi bantuan apresiasi, jelas dia.

Soal jumlah unitnya, Habiba menjelaskan, akan dilihat seberapa banyak RT yang ada di RW tersebut. Karena setiap RW tentu berbeda jumlah RT-nya.Namun, terang Habiba, khusus untuk RW yang mempunyai RT lebih dari 10 itu akan diberikan dua paket. Karena satu paket berisi satu tenda, 20 kursi lipat, 2 meja. Kalau , mendapat dua paket, maka RW akan mendapatkan dua tenda serta 40 kursi lipat dan 4 meja. Karena untuk wilayah Surabaya Utara satu RW ada yang mencapai 10, bahkan sampai 30 RT. “Yang pasti bantuan ini untuk menunjang pelayanan di tiap RW-RW di Surabaya, ” pungkas dia.(dhi/r7)

Loading...

baca juga