D-ONENEWS.COM

Bulan Timbang Jadi Sarana Mendeteksi Dini Indikator Stunting

Lumajang,(DOC) – Sebanyak 630 balita melakukan bulan timbang serentak di Kantor Kelurahan Tompokersan Lumajang. Kegiatan itu, disertai 26 Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dari 29 RW.

“Hari ini total ada 26 posyandu dari 29 RW untuk berkumpul disini melakukan bulan timbang serentak,” ungkap Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati saat dimintai keterangan di sela kegiatannya, Sabtu (6/7/2023).

Menurut Bunda Indah, penimbangan menjadi langkah awal untuk mendeteksi dini pertumbuhan dan perkembangan anak, misalnya berat badan dan tinggi badan yang itu menjadi salah satu indikator acuan stunting.

“Bulan timbang serentak ini penting, sebab salah satu berat badan, tinggi badan menjadi indikator acuan stunting,” terangnya.

Sampai saat ini, pemerintah tengah tancap gas melakukan pergerakan penurunan angka stunting. Salah satunya melalui “Cukup Dua Telur Untuk Turunkan Stunting”.

Wabup berharap, agar capaian penurunan angka stunting tahun ini bisa melebihi tahun sebelumnya yang tercatat 6,3 persen.

“Kita juga sudah mulai bergerak untuk penurunan angka stunting seperti tahun kemarin berada di angka 6,3 persen. Saya harap tahun ini bisa di atas tujuh persen,” pungkasnya.(mam)

Loading...

baca juga