D-ONENEWS.COM

Dewan Jatim Godok Raperda Covid Untuk Tegakkan Protokol Kesehatan

Surabaya,(DOC) – Peraturan Daerah (Raperda) tentang ketertiban umum kini tengah direvisi oleh DPRD Provinsi Jawa Timur untuk mengendalikan persebaran Covid-19.

Perda yang telah ditetapkan pada 2019 lalu, akan ditambah beberapa pasal untuk mengatur protokol kesehatan di masa transisi new normal.

Rencananya Perda Ketertiban Umum itu akan diubah menjadi Perda Covid.

“Kalau sudah disahkan nanti, Satpol PP bisa melakukan penindakan ke masyarakat supaya patuh menerapkan protokol kesehatan,” ungkap Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur, Kusnadi, Selasa(14/7/2020).

Dalam Perda ketertiban umum yang akan direvisi itu, terdapat sanksi bagi masyarakat yang melanggar. Namun, diakui dirinya, bahwa selama ini, sanksi hukuman di Perda itu, tidak pernah digunakan oleh pihak pengadilan.

“Sanksinya sampai pidana mulai dari denda hingga penjara. Tapi tidak pernah digunakan saat memvonis perkara,” katanya.

Politisi PDIP ini berharap, jika nanti Raperda tersebut selesai dibahas dan disahkan, petugas penegak Perda bisa memberikan imbauan sampai peringatan kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan di masa pandemic Covid-19.

“Covid sampai sekarang belum ada obatnya. Cara satu-satunya yaitu disiplin menerapkan protokol kesehatan. Petugas perlu aturan hukum untuk meneggakan itu,” pungkasnya.(div)

Loading...

baca juga