D-ONENEWS.COM

Diresmikan Menteri Koperasi, Sentra UMKM Rumah Kita Berdaya Lumajang Mangrak

Lumajang, (DOC) – Sentra Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Rumah Kita Berdaya (RKB) tepatnya di jalan Letkol Slamet Wardoyo Desa Labruk Lor, Kecamatan Lumajang terlihat tutup, Rabu (30/8/2023).

Lokasi Sentra UMKM Rumah Kita Berdaya berada di halaman Kantor Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang.

Sebelumnya Rumah Kita Berdaya pernah diresmikan oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki pada Januari 2022 silam.

Pantauan media di sentra UMKM rumah kita berdaya tidak ada aktivitas perdagangan. Bahkan di dalam ruangan hanya terlihat meja kursi dan beberapa hiasan dinding, serta tidak terlihat produk UMKM.

Selain itu, di luar gedung tampak bertulisan Majang Galery sebelum sentra UMKM bernama rumah kita berdaya.

Sementara itu, Koordinator Rumah Kita Berdaya Bahrul Wahid ketika dikonfirmasi tidak menjelaskan penyebab tutupnya UMKM Rumah Kita Berdaya.

Bachrul secara singkat mengatakan jika RKB tidak bubar, dan hanya tutup sementara. “Nanti buka lagi kok,” ujar dia singkat.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang, Muhammad Ridha menduga ada masalah internal dalam manajemen Rumah Kita Berdaya.

“Kami beri waktu hingga 2 bulan untuk menyelesaikan masalah internalnya khususnya manajemen UMKM di tempat RKB,” ujarnya.

Untuk pengelolaan Rumah Kita Berdaya dinaungi oleh sebuah koperasi.

“Memang soal tempat itu memakai gedung yang ada di Dinas Koperasi. Makanya kami beri waktu 2 bulan untuk segera menyelesaikan apa yang ada di internal koperasi mereka RKB,” ungkap Ridha.

Setelah 2 bulan, Dinas Koperasi Kabupaten Lumajang optimis Rumah Kita Berdaya akan buka kembali dengan manajemen yang lebih bagus.

“Makanya ke depan business plan-nya ke depan harus jelas,” tuturnya. (Imam)

Loading...

baca juga