D-ONENEWS.COM

Fraksi PSI Minta Pemkot Surabaya Bentuk BLUD Sektor Transportasi

foto: William Wirakusuma

Surabaya,(DOC) – Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD Kota Surabaya mendesak pemkot segera membentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di sektor transportasi.

Hal ini disampaikan Ketua Fraksi PSI, William Wirakusuma. Menurut dia, dengan adanya BLUD maka pengelolaan keuangan dari sektor transportasi bisa lebih modern, praktis, efisien, dan meminimalisasi kebocoran dana transportasi.

William Wirakusuma yang juga anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya berharap proses pembentukan BLUD segera direalisasikan, karena dengan adanya BLUD maka Suroboyo Bus bisa menarik retribusi yang bisa disumbangkan untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Surabaya.

Seperti diketahui, Suroboyo Bus merupakan layanan transportasi bus berfasilitas modern milik Pemkot Surabaya yang diperuntukkan sebagai transportasi umum serupa bus kota di kawasan metropolitan Kota Surabaya.

“Jadi nanti sistem pembayaran nya tidak hanya tukar botol air mineral, tapi juga bisa menggunakan e-money. Ini lebih praktis, tandas dia, Senin (28/6/2021).

Lebih jauh, dia menjelaskan, selain e-money juga diusulkan dibuat sistem pembayaran Suroboyo Bus dengan tiket berlangganan setiap bulan berapa rupiah. Jadi, warga bisa naik turun menggunakan Suroboyo Bus sepuas-puasnya.

Dia mengakui, sistem ini lebih meringankan beban warga dari pada naik kendaraan pribadi. “Yang jelas, kami minta agar hargabtiket bulanannya tidak mahal, ” tegas dia.

Dia ingin Surabaya memiliki tranportasi publik yang lebih baik lagi, agar kota ini benar-benar menjadi kota bertaraf internasional.

Selain itu, kata William, Fraksi PSI juga mengusulkan agar Bus Sekolah ada haltenya sendiri seperti di Stasiun Gubeng dan Pasar Turi. Ini agar warga dari luar Surabaya yang naik kereta saat tiba di Gubeng atau Pasar Turi bisa langsung pindah ke bus.

“Karena masa pandemi Covid-19, maka penumpang Suroboyo Bus maksimal hanya 50% saja, serta protokol kesehatan dijaga dan ada jarak satu penumpang dengan penunpang lainnya,” papar William Wirakusuma.

Dia menuturkan, untuk transportasi umum yang paling cepat untuk direalisasikan adalah transportasi bus. Karena kalau trem kan harus membangun sarana dan prasarananya. Tapi kalau bus sudah siap semua, baik jalannya, moda transportasi nya, dan nanti haltenya bisa menyusul.

“Tapi yang terpenting harus dibentuk BLUD-nya lebih dulu agar pengelolaan keuangannya termanajemen dengan baik, ” pungkas dia. (dhi/r7)

Loading...

baca juga