D-ONENEWS.COM

Kemensos Salurkan 935 Paket Makanan Siap Saji Untuk Masyarakat Marjinal

Jakarta,(DOC) – Mengawali hari pertama masuk kerja di awal pekan ini, Senin (28/6/2021) pagi, sekitar pukul 07.00 WIB, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meninjau tenda Tagana yang berada di halaman belakang Kantor Kementerian Sosial (Kemensos) RI, Jalan Salemba Jakarta Pusat.

Petugas tenda Tagana nampak tengah menyiapkan makanan siap saji untuk di distribusikan kepada Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS).

Sebanyak 935 paket makanan siap saji yang ditargetkan bisa disalurkan ke para Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), seperti pemulung, gelandangan dan pengemis.

Sebelumnya, Mensos menyatakan bahwa pembagian makanan siap saji untuk memenuhi asupan makanan bagi penerima manfaat dan terdampak pandemi yang didistribusikan secara bertahap di wilayah DKI Jakarta dan Kota Bekasi, Jawa Barat.

Dampak pandemi tidak hanya warga kehilangan pekerjaan, tapi juga tidak mampu menyediakan kebutuhan protein yang dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas tubuh saat pendemi.

Pada 21 Juni lalu, Mensos memerintahkan Tagana mendirikan tenda untuk mengolah telur ayam yang didistribusikan kepada masyarakat dan Tenaga Kesehatan (Nakes) di beberapa rumah sakit di DKI Jakarta dan Kota Bekasi.

Dari setiap paket makanan siap saji tersebut, berisi nasi, telur, tempe, sayur, air mineral dan 2 lembar masker dewasa. Juga, bagi setiap LKS diberi masker untuk anak-anak 2 kotak dengan total masker sebanyak 100 lembar.

Terdapat 11 tempat LKS yang menerima paket makanan siap saji, yaitu LKS Kumala, Sekar, YRAP, KDM, Uswatun Hasanah, Bhakti Nurul Iman, ERBE, Swara Peduli Indonesia, YKPIM, Insan Amalia, serta Balarenik.

Penyaluran bantuan penanganan Covid-19 di luar DKI Jakarta, akan didistribusikan bantuan ke RSUD Kota Bekasi, bantuan logistik berupa 5 unit tenda serbaguna keluarga; 100 unit velbed; 40 lembar kasur; 140 lembar selimut; serta 100 pax sarung tangan medis.

Selain itu, untuk di RSUD Kota Bekasi juga telah distribusikan 1 paket telur sebanyak 2000 butir bagi para pasien dan nakes.

Untuk bantuan di RS Covid Wisma Atlet Jakarta Pusat, didistribusikan berupa 2 unit tenda serbaguna keluarga dan 30 unit velbed.

Kemensos juga akan mendirikan Tenda Serbaguna Merah Putih di beberapa titik, yaitu 5 unit di RSUD Kota Bekasi; 1 unit RSUD Cengkareng; 2 Unit di Wisma Atlet; 1 Unit di RSUD Kembangan; serta  1 Unit di Puskesmas Meruya Selatan. Semua Tenda Serbaguna Merah Putih yang didirikan tersebut, dikelola oleh para Tagana.(robby/hm)

Loading...

baca juga