D-ONENEWS.COM

Gantikan Kiai Marzuki Mustamar, KH Abdul Hakim Dilantik Sebagai Ketua PWNU Jatim

Surabaya, (DOC) – Usai mencopot Kiai Marzuki Mustamar dari kursi kepemimpinan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim, PBNU pada Senin (15/1/2024) ini sudah mengeluarkan penggantinya.

Datang langsung ke kantor PWNU Jatim di Jalan Masjid Al-Akbar Timur Surabaya, Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf mengatakan, bahwa pada hari ini sudah dilantik Ketua PWNU Jatim yang baru.

“Ini tadi pelantikan, KH Abdul Hakim sebagai Ketua Tarbiyah Pengurus Wilayah antar waktu, untuk pelantikan konsolidasi sampai dengan dilakukannya konferensi raya. Insya Allah, mudah-mudahan bisa dilaksanakan sekitar bulan Maret,” ujar Gus Yahya, pada awak media.

Perihal pencopotan KH Marzuki Mustamar, Gus Yahya menjelaskan tak ada sangkut-pautnya pencopotan yang bersangkutan dengan hal politik.

“Ini sudah ditegaskan berkali-kali, alasannya organisatoris, internal, ini bukan yang pertama kali, sudah pernah dilakukan, bukan ditingkat PW, dan tak perlu dibesar-besarkan,” jelasnya.

Meski begitu, Gus Yahya sempat mengeluarkan statemen, jika KH Marzuki Mustamar sempat adanya masalah dengan organisasi.

“Waktu terakhir agak dis organise,” terangnya.

Tak hanya Ketua PBNU Gus Yahya yang hadir di kantor PWNU, Sekretaris PBNU Saifullah Yusuf atau yang biasa disapa Gus Ipul juga hadir dalam agenda hari ini.

Hadir juga Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, yang notabene nya adalah Ketua PP Muslimat.

Sebelumnya beredar kabar adanya dua kandidat kuat pengganti KH Marzuki Mustamar dalam kepemimpinan PWNU, diantaranya KH Hasib Wahab Chasbullah atau Gus Hasib, pengasuh PPBU (Pondok Pesantren Bahrul Ulum) Tambakberas Jombang dan KH Abdur Hakim Mahfudz atau Gus Kikin pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. (r6)

Loading...

baca juga