D-ONENEWS.COM

Gunung Agung Meletus, Area Bahaya Capai 4 Kilometer

Bali (DOC) – Gunung Agung yang terletak di Karangasem, Bali kembali meletus, Kamis (14/2/2019) sekira pukul 04.34 Wita. Meski terjadi letusan, ketinggian kolom abu tidak teramati.

Pos Pengamatan Gunung Api Agung di Desa Rendang, Karangasem melaporkan, letusan terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 17 mm dan durasi kurang lebih 3 menit 40 detik.

“Dari laporan yang kami terima teramati sinar api dari CCTV bukit asah,” kata Kalak BPBD Bali, Made Rentin.

Dia menambahkan, pihaknya masih menunggu laporan dari BPBD Karangasem mengenai kemungkinan adanya abu vulkanik yang turun di pemukiman warga.

“Masih dipantau dan menunggu laporan dari BPBD Karangasem,” ucap Rentin.

Saat ini, Gunung Agung berada pada status level III (siaga). Di mana masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian, dan tidak melakukan aktivitas apapun di zona perkiraan bahaya.

Pada level siaga, radius zona bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak Gunung Agung. Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung.(kcm/ziz)

Loading...

baca juga