D-ONENEWS.COM

Harga Tes PCR Turun Jadi Rp 300 Ribu, Menkes: Sudah Cukup Murah

Jakarta (DOC) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengistruksikan harga tes PCR di Indonesia turun menjadi Rp 300 ribu. Namun sejumlah pihak minta harga diturunkan dengan memberikan subsidi. Akankah dipenuhi?

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan harga tes PCR Indonesia sebesar Rp 300 ribu merupakan salah satu harga tes termurah di airport-airport dunia. Bahkan Indonesia masuk dalam kategori negara dengan harga tes PCR termurah di dunia.

“Apakah akan disubsidi? Pemerintah tidak berencana mensubsidi karena kalau kita lihat harganya itu diturunkan sudah cukup murah,” ujar Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers digital di Jakarta, dikutip dari CNBC, Rabu (27/10).

Budi Gunadi Sadikin menjelaskan negara dengan tes PCR termurah di Indonesia adalah India. Harganya sekitar Rp 160 ribu. Itu karena semua bahan baku dan produksinya dilakukan di dalam negeri.

“Selain ini skala ekonomis (economies of scale) dengan jumlah penduduk mendekati 2 miliar tercapai,” ujarnya.

Skala ekonomis berkaitan dengan produksi suatu barang. semakin massal atau besar produksi suatu barang maka semakin murah biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan sehingga harga yang ditawarkan bisa lebih murah.

Terkait India, PCR yang diproduksi di dalam negeri dan besarnya kebutuhan PCR untuk melakukan tes usap kepada hampir 2 miliar penduduk membuat harga yang ditawarkan menjadi lebih murah dari negara lain.

Sebelumnya pada Agustus lalu Kementerian Kesehatan telah menurunkan harga PCR dari 900 ribu menjadi maksimal Rp 495 ribu untuk Jawa dan Bali dan Rp 525 ribu untuk di luar Jawa dan Bali. (cnbc)

Loading...