D-ONENEWS.COM

Jepang Bantu Tingkatkan Kesehatan Ibu Dan Anak Di Bondowoso

Proyek_BondowosoBondowoso,(DOC) – Upacara Peresmian Proyek peningkatan kesehatan ibu dan anak melalui penguatan kapasitas kelembagaan posyandu dan dukungan sarana persalinan Ponkesdes di Kecamatan Binakal dan Kecamatan Pakem telah dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2016 di Desa Sumberwaru Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso.
Proyek dimulai pada bulan Maret 2015 dengan periode proyek selama 1 tahun. Proyek ini dilaksanakan oleh organisasi Pusat Studi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSPSDM) melalui Program Bantuan Hibah untuk Keamanan Manusia Tingkat Akar Rumput atau yang biasa dikenal dengan Grant Assistance for Grass-Roots Human Security Projects (GGP) sebesar USD 84,980 (IDR 1,086,116,450).
Acara  ini  dihadiri  Konsul  Jenderal  Jepang  di  Surabaya  Bapak  Yoshiharu  Kato,  Bupati Situbondo Amin Said Husni, Kepala Kantor BAPPEDA, Kepala Dinas Kesehatan, serta sekitar 100 orang penduduk desa.
Proyek bantuan hibah ini juga dibarengi dengan pelaksanaan sejumlah pelatihan seperti pelatihan kader posyandu, pembuatan makanan tambahan, pengadaan alat-alat medis untuk Ponkesdes dan Posyandu. Harapannya jumlah bayi dan balita gizi buruk di wilayah tersebut bisa semakin berkurang.
“Dengan dimulainya proyek ini, kedepan para ibu hamil diharapkan bisa melahirkan dengan tenang, sekaligus dapat meningkatkan kesehatan anak-anak yang mengalami gizi buruk,” ujar Konjen Yoshiharu Kato saat memberikan sambutan, Rabu(15/06/2016) kemarin.
Sementara itu, dikesempatan lain,  Bupati Situbondo, Amin Said Husni menyatakan kegunaan bantuan ini yang dinilai sangat berharga bagi masyarakat Bondowoso dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
“Semoga melalui proyek ini angka-angka kematian ibu hamil dan balita dapat menurun, serta berkurangnya jumlah balita dengan gizi kurang dan gizi buruk,” jelas Amin saat melakukan dialog dengan Konjen Jepang.(r7)

Loading...