D-ONENEWS.COM

Kebakaran Hutan Meluas, Balai Besar TNBTS Tutup Sebagian Akses wisata ke Gunung Bromo

Lumajang, (DOC) – Kebakaran hutan terjadi di Savana Kaldera Tengger Kawasab Wisata Bromo Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), semakin meluas.

Untuk itu, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) menutup sebagian akses menuju kawasan wisata Gunung Bromo, di Jawa Timur, Jumat (1/9/2023) malam.

“Penutupan diberlakukan hari ini Jum’at tanggal 1 September 2023 mulai pukul 20.00 WIB
sampai dengan batas waktu yang belum bisa ditentukan,” ujar Kepala Bagian Tata Usaha BB-TNBTS Septi Eka Wardhani ketika dikonfirmasi Sabtu (2/8/2023).

Menurut Septi, penutupan sebagian akses wisata Bromo tersebut dilakukan untuk proses kelancaran pemadaman area yang terbakar.

“Untuk kelancaran upaya pemadaman serta memperhatikan keamanan pengunjung, maka kunjungan wisata Bromo, sebagian ditutup,” ujarnya.

Septi menjelaskan, Untuk kelancaran upaya pemadaman serta memperhatikan keamanan pengunjung, maka kunjungan Wisata Bromo melalui pintu masuk Jemplang, Coban Trisula, dan Senduro ditutup untuk pengunjung.

“Pengunjung dapat masuk ke dalam Kawasan Wisata Bromo melalui pintu Cemoro Lawang dan Wonokitri dengan batasan yang boleh dikunjungi adalah mutai dari Lautan Pasir ke arah Gunung Batok, Bungkah Dingkiik sampai dengan View Point Pananjakan,” jelasnya

Sedangkan dari arah Watu Singo hingga Jempiang serta Puncak 829 yang berasal dari Argosari, Lumajang ditutup untuk kunjungan wisata.

“Kami menghimbau kepada masyarakat, pengunjung, dan pelaku jasa wisata agar menjaga Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dari kebakaran hutan dengan memperhatikan penggunaan api demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bersama,” Pungkasnya. (Imam)

Loading...

baca juga