Kebakaran Lahan Gambut Riau, Puluhan Rumah Warga Ikut Ludes

Riau (DOC) – Insiden kebakaran lahan gambut di Riau kembali terjadi. Sedikitnya 500 hektare gambut di Rohil, Riau dilalap api. Bahkan, sedikitnya 20 rumah warga ikut ludes.

“Kebakaran melanda desa kami sudah tiga hari ini. Api tak bisa dipadamkan. Kami perkirakan saat ini sudah lebih 500 Ha lahan gambut terbakar,” kata Kades Tanjung Leban, Kubu, Rohil, Hayatul Gamal, Kamis (16/8/2018).

Gamal menjelaskan, pihaknya tidak mengetahui persis penyebab kebakaran tersebut. Namun dipastikan, lahan gambut di Kubu sudah terbakar tiga hari belakangan ini.

“Kami tak tahu apinya dari mana, yang jelas lahan gambut sudah terbakar. Api pun merembet ke pemukiman penduduk dan membakar 20 rumah dan pondok milik warga,” kata Gamal.

Lahan gambut yang terbakar, sulit untuk dilakukan pemadaman. Apa lagi petugas di lapangan sangat terbatas. Api terus menjalar ke mana-mana.

“Sampai tadi malam api masih terlihat membara membakar kawasan gambut lainnya,” kata Gamal.

Tidak hanya 20 rumah dan pondok terbakar, ada satu unit mobil dan dua sepeda motor turut terbakar. Ini karena rembetan api dari lahan gambut masuk kepemukiman penduduk.

“Api begitu cepat menyembar perkebunan sawit milik masyarakat dan membakar rumah dan pondok di sekitar perkebunan,” kata Gamal.(dtc/ziz)