D-ONENEWS.COM

Kemensos Gandeng LSM, Permudah Penyaluran Bantuan Bencana Agar Cepat dan Tepat

Jakarta,(DOC) – Kementerian Sosial (Kemensos) RI akan terus bersinergi dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) agar penanganan bencana atau pasca bencana bisa berjalan lebih baik lagi.

“Kita akan bersinergi untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang mengalami bencana. Masing-masing lembaga mempunyai spesialisasi. Ada yang di pemberdayaan, pendidikan sampai bagaimana membangun tempat ibadah,” ucap Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

Sejumlah LSM yang menjalin Kerjasama dengan Kemensos antara lain Baznas, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat dan akan menyusul lainnya.

“Kita juga akan menyiapkan dashboard. Dengan adanya dashboard itu kita bisa lihat kira-kira apa yang dibutuhkan oleh saudara-saudara kita,” tambah Mensos.

Dashbord ini, lanjut Mensos, akan memuat informasi – informasi dari pemerintah daerah dan masyarakat soal kondisi bencana. Sehingga penanganan bencana lebih cepat dan tepat lewat berbagi peran serta tugas.

Pada akhirnya sinergi antara Kemensos dan LSM ini, akan membuat penyaluran bantuan saat bencana yang kerap terjadi, lebih mudah teratasi.(hm/robby)

Loading...

baca juga