D-ONENEWS.COM

Ketua Kartar Surabaya Gaungkan Pengentasan Pengganguran Sesuai Arahan Wali kota

Surabaya, (DOC) – Dalam rangka peringatan Ulang Tahun Karang Taruna (Kartar) ke-63, Pengurus Kartar Surabaya menggelar Konsolidasi Akbar Karang Taruna yang di hadiri 500 pengurus Karang Taruna se-kota Surabaya di Kompleks Balai pemuda Surabaya, Minggu (10/9/2023)

Dalam acara tersebut pengurus karang Taruna mengundang Mentri Sosial ( Mensos) RI
Dr. (H.C.) Ir. Hj. Tri Rismaharini, M.T sebagai Keynote Speaker. Sementara Wali Kota Surabaya
Eri Cahyadi, S.T., M.T. sebagai Pembuka Acara. Sedangkan
Dr. Agus Setiadji, S.A.P., M.A. Mantan Sekjend Kemhan & Rektor STIEBI – Sebagai Narasumber Talkshow. Lalu
Royhan Ni Amillah – Influencer & Enterpreneur – Sebagai Narasumber Talkshow

Ketua Karang Taruna Kota Surabaya H. Fuad Benardi, S.Kom. M.MT mengatakan,
duta kartar ini Tahun kedua. Tahun lalu total pesertanya hanya 152 peserta. Tahun ini berkat dukungan Pemkot Surabaya Alhamdulillah membludak jadi sekitar 27 ribu yang terdaftar di link.

“Nanti kita akan keliling seluruh kecamatan. Jadi 31 hari kita gunakan untuk pengisian duta. sampai hari ke 9 sudah sekitar 2 ribu peserta yang ikut berpartisipasi. Ini jadi hal yang baik karena, di tahun yang lalu tidak semua kecamatan ikut berpartisipasi untuk pesertanya,” ungkap Fuad.

Ia menjelaskan, saat ini di tiap kecamatan ada telah ada karang taruna. Ini momen bagus supaya kita sesuai dengan arahan pak Wali. anak anak muda ini utama, kita harus merentas pengangguran. kita bentuk dulu untuk karang tarunanya.

“Paling tidak Kelurahan atau RT kita bentuk supaya nanti bisa sinergi selinier, yang mana nantinya kita bikin program termasuk pemberdayaan, kewirausahaan agar teman teman punya kegiatan yang mana akhirnya bisa lepas pengangguran dan mencipatkan potensi ekonomi, ” ujarnya.

Ia menambahkan, seperti Bu Mensos bilang saat jadi walikota. jadi potensi ekonomi di surabaya ini sangat luar biasa. Nah kalau teman teman bisa menjadi para pelaku tuan dan nyonya di kota surabaya kan eman.

Masih Fuad, untuk yang duta setelah babak pengisian. kita lanjutkan babak semifinal, ada 153 pasang dari perwakilan masing2 kelurahan. kita adu wawasan sekaligus pelatihan perkembangan diri karang taruna yang mana nanti terpilih 31 pasang perwakilan masing-masing kecamatan.

“Kita akan beri kontrak atau MoU selama setahun, untuk kerja mereka langkah awal aktifasi. Kemudian membuat program program kemudaan karang taruna apapun itu. Jadi misalnya, teman teman mau fokus di wirausaha, sosial, ekonomi kreatif kaya inflleuncer, konten kreator semua juga bisa. Kita mewadahi yang paling penting bagaiaman karang taruna bisa menjadi wadah arek arek enom kota surabaya, ” pungkas Fuad. (r6)

Loading...

baca juga