KETUA KPU RI: PARMAS MENINGKAT WUJUDKAN PEMILU YANG BAIK

Ketua KPU RI, Arief Budiman Saat Membuka Acara Konreg

Bali, kpujatim.go.id- Partisipasi masyarakat meningkat mewujudkan pemilihan umum (pemilu) yang baik. Demikian disampaikan oleh Ketua KPU RI, Arief Budiman saat memberikan sambutan pada Konsolidasi Regional (Konreg) Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu 2019 gelombang III di Bali.

Penting bagi KPU untuk menjalankan pemilu dengan baik agar cita-cita pemilu dapat tercapai. “Salah satu cara untuk mewujudkan pemilu yang baik, maka partisipasi masyarakat harus meningkat. Partisipasi masyarakat bukan hanya pada saat hari H pemungutan suara. Tetapi di semua tahapan partisipasinya harus baik,” tutur Arief (12/9).

Arief melanjutkan, “Partisipasi masyarakat harus ada juga sebelum hari pemungutan suara serta pasca pemungutan suara. Untuk itu, KPU tidak boleh diam dan harus mampu memberikan pendidikan pada pemilih untuk memiliki kesadaran ini”.

KPU saat ini telah memiliki RPP (Rumah Pintar Pemilu) untuk memberikan pendidikan pada pemilih. “RPP harus mampu berjalan dengan dua arah, yakni menarik orang dari luar dan juga harus keluar menyebarkan informasi yang ada di RPP pada sekolah maupun masyarakat. Jika KPU Provinsi dan Kabupaten/ Kota tidak mampu bergerak sendiri, bisa bekerja sama dengan Pemerintah Daerah setempat,” papar Ketua KPU RI.

Mengakhiri sambutannya, Arief pun berharap di dalam Konreg di Bali ini bisa memberikan inspirasi-inspirasi untuk menghasilkan strategi-strategi dalam peningkatan partisipasi pemilih sehingga dapat mewujudkan pemilu yang baik.

(AACS)