D-ONENEWS.COM

Madu Klanceng dan Tawon di Lumajang Banyak Pesanan Dari Luar Kota

Lumajang,(DOC)-Madu, salah satu makanan tambahan yang banyak digemari masyarakat. Selain karena rasanya yang manis, juga memiliki manfaat yang banyak. Tak heran, madu ini memberikan peluang usaha yang cukup menjanjikan, baik bagi peternak maupun penjualnya. Ditambah khasiatnya yang baik untuk kesehatan.

Seperti yang dirasakan Zainudin (30) seoarang pelaku usaha madu warga Dusun Sentono RT 05, RW 03, Desa Sruni, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang.

Ia mengatakan, peluang bisnis madu sangat besar dan sangat menjanjikan. Baik itu menjual produk berupa madu. Selain karena rasanya enak dan manis, madu ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Tak ayal, permintaan pun sangat banyak.

Bahka, Zainudin mengaku omzetnya dalam satu tahun hingga Rp 20 juta.

“Jika lancar permintaan madu, Dalam satu minggu habis sampai dengan 30 sampai 40 liter,” ujarnya.

Pelaku usaha Madu, Zainudin menjelaskan, pemasaran madunya dilakukan melalui online. Seperti memanfaatkan media sosial (medsos) Facebook dan Instagram. Hasilnya, membuat permintaan madu dan pemesan cukup banyak.

“Madu saya jual banyak pesanan dari luar kota seperti Probolinggo, Jakarta, Semarang, Surabaya, Kudus, dll. Bahkan Lumajang sendiri juga banyak pesanan,” ujar Zainudin.

Untuk harga madu ada dua jenis yakni madu klanceng, dan Madu tawon. Untuk Madu Klanceng 1 Liter / 1000 ml Rp. 250 ribu,
Setengah Liter /500 ml Rp. 130 ribu dan Seperempat Liter / 250 ml Rp. 70.000

“Sedangkan madu tawon juga sama dengan madu klanceng yakni 1 Liter / 1000 ml Rp. 250 ribu, sSetengah Liter/500 ml Rp. 130 ribu dan Seperempat Liter/250 ml Rp. 70 ribu,” jelas Zainudin.

Ia menambahkan, Untuk permintaan madu selama musim pandemi Covid-19 ada pelonjakan peminat madu.

“Alhamdulillah ada pelonjakan peminat madu kalau biasanya hanya Lumajang dan Jember.

Berkat adanya corona buat berkah tersendiri bisa mengirim ke Jakarta, semarang dan sebagainya,” tuturnya.

Ia mengatakan, madu yang banyak digemari masyarakat, madu klanceng karena secara khasiat lebih bagus, bahkan dari pembelinya lebih hangat dan sebagainya.

“Saya sendiri sudah membuktikan secara khasiat lebih bagus
, karena klenceng ini murni alami,” pungkas Zainudin.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqu Haq mengatakan, Pemkab Lumajang memfokuskan perhatian untuk mendorong UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) bangkit dari hantaman pandemi covid-19.

“Ini fokus untuk menggerakkan perekonomian sektor bawah terutama UMKM. Sektor UMKM menjadi sektor yang didorong kembali bangkit karena merasakan dampak yang cukup mendalam akibat hantaman pandemi Covid-19,” tuturnya.(Imam)

Loading...

baca juga