D-ONENEWS.COM

Musim Kemarau Tak Mempengaruhi Stok Beras di Jatim, Aman Hingga Akhir 2019

Surabaya,(DOC) – Prediksi kemarau panjang hingga 3 bulan kedepan di khawatirkan akan mempengarui hasil tani di Jawa Timur dan berdampak pada berkurangnya penyediaan stock beras.

Namun kekahawatiran itu di mentahkan oleh Perum Bulog Divre Jatim memastikan stok beras aman selama menghadapi musim kemarau, lantaran hasil panen para petani selama enam bulan terakhir mengalami peningkatan dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

“Selama 3 bulan kedepan stock beras di Jawa Timur masih aman, meski tingkat penyerapan hasil pertanian diprediksi akan menurun akibat musim kemarau dan kekeringan,” ungkap Muhammad Hasyim, Kepala Perum Bulog Divre Jatim, Jumat(5/7/2019).

Berdasarkan data Bulog diakhir Juni 2019, stok beras mencapai 630 ribu ton. Sementara di bulan yang sama pada tahun lalu, stok beras hanya sebanyak 300 ribu ton. Untuk itu Bulog memprediksi hingga akhir tahun 2019 stok beras aman.

“Penyerapan hasil pertanian masih terus dilakukan sampai sekarang. Artinya, wilayah penghasil padi di Jatim masih produktif. Jadi nanti kalau ada daerah yang kekurangan stock beras karena kekeringan, maka Bulog siap me nyupalinya,” tambahnya.

Di Jawa Timur sendiri terdapat 24.633 hektar tanaman padi yang terkena dampak kekeringan, dan 983 hektar lahan padi yang terkena dampak puso. Namun hal itu tak berdampak pada stock pangan di Jatim, mengingat luas lahan padi yang kekeringan hanya 1.32  persen dari  total luas lahan padi sebesar 1 juta hektar lebih.

“Tak akan berpengaruh pada stock pangan di Jatim,” pungkas Muhammad Hasyim.(div/r7)

Loading...