D-ONENEWS.COM

Persiapan Pemilu, KPU Surabaya Uji Cobakan Aplikasi ‘Situng’ Tahap Awal

foto : uji coba aplikasi Situng

Surabaya,(DOC) – Aplikasi Sistem Informasi Penghitungan Suara(Situng) mulai di uji-cobakan oleh Komisi Pemilihan Umum(KPU) kota Surabaya, Senin(28/5/2018) pagi.

Hal ini untuk mematangkan persiapan penggunaan aplikasi Situng, seperti yang di amanahkan Surat Edaran(SE) KPU RI Nomor 519 Tahun 2018, tentang KPU/KIP Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pemilu untuk melakukan uji coba Situng.

Dalam uji coba aplikasi Situng tahap awal ini, yang digelar oleh Sub Bagian Teknis Pemilu dan Hubungan Partisipasi Masyarakat, dilakukan serentak secara nasional.

“Kelengkapan form yang dibutuhkan pada saat uji coba yakni formulir Model C dan C1 yang sudah terisi sesuai jumlah jenis pemilihan yang akan dilaksanakan. Kemudian formulir tersebut di entri dan pindai,” ungkap komisioner Divisi Teknis KPU Surabaya, Nurul Amalia.

Selain formulir C dan C1, form lain yang juga dilakukan uji coba entri dan pindai adalah Formulir Model DAA dan DA1. Untuk coba uji nasional pada tahap ini dengan simulasi 75 TPS yang akan meningkat sesuai dengan tahap berikutnya.

“Uji coba nasional merupakan sarana untuk mengetahui cara kerja Situng sekaligus menguji perangkat yang akan digunakan dalam proses pindai dan entri,” pungkas Nurul Amalia.(r7)

Loading...

baca juga